Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya - Irigasi adalah sistem untuk mengairi suatu lahan dengan cara membendung sumber air. Atau bisa juga diartikan sebagai usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian dan sejenisnya. Irigasi ini terbagi bermacam-macam bentuk meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak. Semuanya difungsikan untuk menunjang sistem pertanian.

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian
Pengairan sawah dengan sistem irigasi ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian
Sumber air irigasi berjalan lancar ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Manfaat Irigasi Untuk Pertanian
Sistem irigasi melewati lahan perkebunan karet ( foto pribadi wahyu hendro wibowo )

Didunia pertanian ini tidak bisa dipungkiri bahwa fungsi dari irigasi ini sangatlah penting. Irigasi biasa dimanfaatkan oleh petani khususnya petani pada lahan persawahan untuk mengairi dan memberikan pasokan air di lahan pertanian mereka. Sistem irigasi ini sudah berkembang sejak dahulu, mungkin perbedaannya pada kualitas dan sistemnya. Dahulu para petani dalam mengairi sawah mereka atau lahan pertanian mereka biasanya dengan cara membendung parit-parit lalu menyalurkan kelahan pertanian mereka. Ada juga yang melakukan pengangkutan air menggunakan ember. Namun cara tersebut sangatlah melelahkan dan ditambah lagi apabila musim kemarau, maka cara tersebut tidak bisa dilakukan.

Namun sekarang petani sudah tidak sulit lagi dalam mengairi lahan pertanian mereka karena sudah adanya sistem irigasi yang akan selalu menyalurkan sumber air yang tak pernah berhenti. Sistem irigasi ini bisa dibuka tutup. Jadi kapan saja petani membutuhkan air untuk lahan pertanian mereka, tinggal membuka saluran air tersebut. Pemerintah sudah memberikan fasilitas irigasi dan membangun sistem irigasi untuk dimanfaatkan oleh para petani kita.

Sistem irigasi ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Lift Irrigation ( Irigasi Pompa ), yaitu maksudnya sistem air disalurkan dari lokasi yang rendah kelokasi yang tinggi dengan cara manual maupun mekanis. Cara manual dilakukan dengan mengangkat air dengan menggunakan ember, namun cara ini sudah tidak lagi digunakan karena membutuhkan tenaga ekstra. Cara mekanis yaitu dengan menggunakan mesin yang dapat mengalirkan air, seperti mesin pemompa air.
  2. Flow Irrigation ( Irigasi Aliran ), yaitu maksudnya air dialirkan secara gravitasi dari sumber air ketempat lahan pertanian. Sistem irigasi inilah yang sekarang digunakan oleh para petani untuk mengairi lahan pertaniannya. 
Adapun Manfaat Irigasi Untuk Pertanian adalah sebagai berikut :

1. Memasok atau menyediakan air untuk lahan pertanian
Dengan adanya irigasi ini maka pasokan air untuk lahan pertanian akan terpenuhi. Petani menjadi semakin mudah dalam mengolah lahan pertanian mereka dan tidak takut lagi kekurangan air.

2. Menjamin ketersediaan air ketika musim kemarau
Irigasi bermanfaat dalam mengairi lahan pertanian, apalagi pada musim kemarau tiba pasokan air tentu menjadi sulit dan air tanah akan mengering. Dengan adanya irigasi ini maka ketersediaan air pada musim kemarau akan terpenuhi.

3. Melancarkan aliran air kelahan persawahan
Dengan irigasi ini aliran air kelahan persawahan akan lancar. Tidak ada lagi penghambat aliran air sehingga mempermudah petani untuk menggarap lahan persawahan mereka.

4. Untuk membasahi tanah
Khusus untuk daerah yang memiliki curah hujan yang rendah, maka sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali untuk membasahi tanah pada lahan pertanian.

Jadi pada intinya sistem irigasi ini sangat bermanfaat sekali dalam bidang pertanian. Khususnya bermanfaat bagi petani dalam mengairi lahan pertanian mereka.
Demikianlah sedikit uraian dan penjelasan tentang Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Manfaat Irigasi Untuk Pertanian Beserta Penjelasannya"