Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani

Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani  

Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani
Foto persawahan oleh wahyu hendro wibowo
Sawah merupakan lahan produktif yang digunakan untuk pertanian dan budidaya padi. Para petani biasa memanfaatkan sawah ini untuk bercocok tanam padi. Kita ketahui bersama bahwa bahan pokok pangan kita masyarakat indonesia ini adalah beras. Sedangkan beras diproduksi dari padi yang ditanam oleh para petani kita. Tanpa adanya padi, maka tidak ada beras yang bisa kita konsumsi. Adanya padi juga karena adanya lahan persawahan dan campur tangan petani. Jadi semua itu saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit wawasan kepada kita semua tentang Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani. Kalau kita bicara mansalah manfaat sawah ini sangatlah banyak sekali. Jika anda browsing diinternet juga mungkin akan ada artikel tentang manfaat sawah ini. Tapi di blog ini saya akan menjelaskan Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani akan lebih lengkap dan berbeda.

Adapun Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani adalah sebagai berikut :

1. Memproduksi Beras
Sawah sebagaimana kita ketahui untuk memproduksi beras yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun diindonesia ini banyak beras-beras impor, namun tak dapat dipungkiri bahwa beras imporpun juga berasal dari sawah. Jadi dengan adanya sawah ini maka produksi beras dan pasokan beras akan terus terjamin.

2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan
Apa hubungannya antara sawah dan lapangan pekerjaan? Jelas ada hubungannya yaitu dengan adanya sawah ini tentu akan menimbulkan produksi beras dan petani pasti melakukan penanaman padi. Nah para petani menanam padi tentu tidak dapat dilakukan sendiri, bisa sih sendiri tapi akan memakan waktu yang cukup lama. Tapi dengan mencari orang pekerja akan membantu proses penanaman menjadi lebih singkat dan cepat. Dengan demikian, orang yang disuruh untuk membantu proses penanaman padi akan mendapatkan pekerjaan dan tentu akan memperoleh bayaran atau upah atas pekerjaannya. Selain itu dengan adanya sawah ini juga dapat menciptakan lapangan kerja dibidang lain seperti penggilingan padi dan sebagainya.

3. Menumbuhkan Gotong Royong
Diantara sekian banyak manfaat sawah salah satunya adalah menumbuhkan sifat gotong royong antara masyarakat terutama petani. Dalam proses pengolahan dan penanaman padi, biasanya ada dan banyak bahkan para petani yang bergantian untuk menanam padi, hal ini mereka lakukan karena mungkin tidak cukup biaya untuk mengupahkan pekerja, jadi solusi mereka adalah dengan bergantian dalam menanam padi. Ini seperti yang ada didesa saya, mereka akan melakukan gotong royong dalam menanam padi.

4. Sebagai Sumber Penghasilan Petani
Sawah diolah untuk lahan pertanian, dan petani mendapatkan penghasilan dari lahan sawahnya. Dengan bercocok tanam maka mereka akan mendapatkan hasil dari pertanian tersebut, contohnya jika petani sudah panen padi, mereka akan menjual hasil panen dan mendapatkan uang yang mereka gunakan untuk kebutuhan mereka.

5. Untuk mempertahankan sirkulasi air
Dengan adanya sawah ini maka kebutuhan air akan berpengaruh pada produksi sawah. Parit-parit akan hidup dan pasokan air akan terus ada, faktanya sampai sekarang biarpun musim kemarau, namun jika ada petani yang menanam padi, maka sirkulasi air tetap terjaga.

6. Menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk
Coba anda pergi kedesa-desa yang mayoritas penduduknya adalah petani, maka akan terasa daerah tersebut dengan kesejukan dan pemandangan yang indah. Jika kita melihat sawah-sawah yang hijau dengan padi yang berbaris-baris, rasa penat dan lelah kita akan terobati. Jadi dengan adanya sawah ini juga dapat menambah kesejukan dan keindahan lingkungan. 

Itulah beberapa Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah wawasan anda. Berikan komentar anda guna untuk menyempurnakan tulisan ini.

0 Response to "Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani"

Post a Comment