Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah

Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah sebenarnya sangatlah mudah jika anda tahu caranya. Sebagaimana kita ketahui bahwa padi sawah merupakan padi yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang tinggal diwilayah dataran rendah. Contohnya didaerah tempat saya tinggal, rata-rata masyarakat menanam padi sawah. Jadi khusus bagi para petani pasti ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal dan memuaskan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar hasil panen padi sawah meningkat.
Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah
Lahan persawahan ( Foto pribadi : Wahyu hendro wibowo )
Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah
Foto pribadi: wahyu hendro wibowo

Berbicara masalah padi sawah, tentu tidak akan lepas dari yang namanya sawah. Nah sebelum kita masuk pada inti artikel ini, maka akan lebih baik jika anda mengetahui dahulu apa saja manfaat sawah ini, silahkan baca juga Manfaat Sawah Bagi Manusia dan Petani. Dari sekian banyak manfaat sawah, yang menjadi pokok dari manfaat sawah adalah untuk membudidayakan padi sawah. 

Budidaya padi sawah sangatlah mudah dan menyenangkan, apalagi jika padi sudah mulai menghijau akan menjadi pemandangan yang indah sekali. Namun untuk meningkatkan hasil panen padi yang bagus dan terbaik, dibutuhkan kerja keras dan perawatan khusus. Pengairan sawah juga harus tetap diperhatikan, karena sumber air pada tanaman padi sawah ini harus terus dilakukan secara berkala. Pemerintah sudah memberikan kemudahan bagi petani dengan adanya irigasi. Irigasi ini berfungsi sebagai alat untuk mengairi sawah dan lahan pertanian lainnya. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari irigasi ini, lebih jelasnya silahkan baca juga Manfaat Irigasi Untuk Pertanian.

Adapun Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah bisa anda baca penjelasannya dibawah ini. Setelah padi selesai ditanam, maka yang harus anda lakukan untuk meningkatkan hasil panen padi adalah sebagai berikut.

 Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah


1. Memupuk padi

Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah yang pertama adalah pemupukan tahap awal. Setelah padi selesai ditanam dan sudah berumur sekitar satu bulan, maka lakukan pemupukan tahap awal. Karena dengan pemupukan tahap awal ini akan membuat padi cepat tumbuh dengan subur. Dalam hal pemilihan pupuk yang baik dan tentunya bersahabat, maka diperlukan ketelitian dan kejelian kita. Jangan sampai kita salah pilih pupuk.

2. Membersihkan gulma yang tumbuh disekitar padi

Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah yang kedua adalah anda harus bersihkan gulma atau rumput liar agar tidak menggangu pertumbuhan padi. Jika gulma tidak tumbuh disekitar padi, maka padi dapat tumbuh dengan cepat.

3. Basmi hama dan penyakit

Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah yang ketiga adalah dengan membasmi hama penyakit pada tanaman padi sawah. Hama yang biasa menyerang padi sawah adalah wereng, walang sangit, dan sebaginya. Biasanya kami menggunakan produk pembasmi hama yang banyak dijual ditoko pertanian, salah satunya adalah Imidastar 200 SL. Memang Keunggulan Imidastar 200 SL tidak perlu diragukan lagi. Selain produk tersebut masih banyak produk pembasmi hama lainnya yang bisa anda gunakan.

4. Pemupukan Tahap Kedua

Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah yang keempat adalah dengan memupuk tahap kedua. Setelah padi berumur kira-kira 2 bulan atau padi sudah mulai menghijau segera pupuk lagi agar mempercepat pertumbuhan dan tentunya agar hasil panen menjadi baik dan meningkat.

5. Menjaga selalu tanaman padi

Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah yang kelima adalah dengan selalu menjaga tanaman padi sawah anda dari berbagai macam hewan peliharaan maupun binatang lain, terutama setelah padi mulai berbuah. 

Sebenarnya inti dari kesuksesan dalam budidaya padi sawah adalah terletak pada diri anda. Jika anda rajin merawat dan melakukan hal-hal diatas, maka sudah pasti hasil panen padi sawah anda akan meningkat. Kemudian yang menjadi faktor kesuksesan yang kedua adalah terdapat pada bibit dan pupuk yang digunakan. Jika semua itu anda lakukan, maka dijamin deh hasil panen padi sawah anda akan meningkat.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah. Saya bukanlah ahli dalam bidang pertanian, namun saya tahu cara ini dari berbagai sumber dan pengalaman yang sudah kami lakukan sendiri, karena memang orang tua saya sendiri menanam padi sawah. Untuk menambah wawasan anda silahkan anda baca juga Meningkatkan Hasil Panen Padi dengan Metode Tanam Jajar Legowo. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Sawah"

  1. informasi yang sangat menarik untuk petani kita,
    http://www.inspirasipertanian.com/

    ReplyDelete