Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses

Dasar Pertanian - Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman penghasil minyak. Budidaya kelapa sawit sudah berkembang sejak lama dan kini semakin maju, buktinya sekarang banyak dibuka pabrik-pabrik industri kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit termasuk salah satu komoditas yang menyumbangkan pendapatan negara cukup besar.

Budidaya kelapa sawit memiliki prospek yang cukup baik, apalagi ditambah pengelolaan dan sistem perawatan yang baik akan menambah nilai plus dari budidaya kelapa sawit ini. Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, perlu adanya kerja keras dan ilmu yang dimiliki guna mengembangkan tanaman kelapa sawit menjadi baik. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar budidaya kelapa sawit yang kita lakukan bisa berhasil.
Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses
Perkebunan Kelapa Sawit

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya kelapa sawit, perlu beberapa persiapan dan bekal ilmu pengetahuan tentang budidaya kelapa sawit ini. Jika anda tidak memiliki modal dan bekal tersebut, maka harapan untuk mendapatkan hasil panen kelapa sawit yang berkualitas tidak akan terwujud. Untuk itu disini saya akan membagikan sedikit informasi tentang Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang saya baca dan juga bertanya kepada narasumberyang telah sukses dalam budidaya kelapa sawit.

Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses


1. Pemilihan Benih atau Bibit

Agar sukses dalam budidaya kelapa sawit, yang perlu anda persiapkan pertama adalah benih atau bibit kelapa sawit. Dalam memilih bibit kelapa sawit harus anda lakukan secara benar dan tapat, jangan sampai salah memilih bibit kelapa sawit. Untuk mengetahui bagaimana memilih bibit kelapa sawit yang baik dan benar, silahkan baca juga artikel saya tentang Tips Memilih Bibit Kelapa Sawit Yang Baik Dan Benar.

2. Menyiapkan Lahan

Setelah proses pemilihan bibit sudah anda lakukan, langka selanjutnya adalah menyiapkan lahan untuk menanam. Persiapan lahan sangat tergantung pada area perkebunan yang akan anda ditanami. Ada beberapa jenis area yang bisa anda gunakan untuk lokasi ideal penanaman kelapa sawit, Contohnya seperti lahan yang baru dibuka pada area hutan primer dan sekunder, atau lahan yang ditumbuhi ilalang maupun semak belukar. Selain itu, ada pula jenis lahan konversi yang mana lahan tersebut merupakan lahan yang pernah digunakan sebelumnya untuk perkebunan tanaman jenis lain

3. Proses Penanaman Kelapa Sawit

Dalam proses penanaman kelapa sawit ada beberapa tahap persiapan penanaman yang sangat penting dan akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi buah kelapa sawit itu sendiri. Salah satunya adalah tahap pengajiran, yang merupakan tahap yang sangat penting untuk menentukan jarak tanam antar pohon kelapa sawit. Pengajiran dilakukan dengan sistem jarak tanam segitiga sama sisi berukuran 9 x 9 x 9 meter dengan populasi 143 pohon setiap hektarnya. Selain itu, anda juga bisa menerapkan jarak 9,5 x 9,5 x 9,5 meter dengan populasi per hektar sekitar 128 pohon. 

4. Perawatan

Dalam proses budidaya kelapa sawit, peratana adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika anda ingin hasil budidaya kelapa sawit behasil, maka jangan acuhkan poin ini yaitu perawatan. Pokok sawit yang baru ditanam dan masih awal akan mengalami banyak problem, seperti gulma, hama dan penyakit, dan sebagainya. Maka dari itu perawatan menjadi alasan penting dalam budidaya kelapa sawit cepat sukses.

5. Pemupukan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam budidaya kelapa sawit, maka proses pemupukan harus dilakukan secara bertahap. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk organik agar hasil buah bagus dan berkualitas, selain itu dengan menggunakan pupuk organik, tanah tidak akan menjadi rusak dan undu hara tanah tetap terjaga.
Baca Juga : Jenis Pupuk Untuk Kelapa Sawit Yang Baik dan Berkualitas

6. Panen

Setelah pohon sawit berumur sekitar 2,5 sampai 3 tahun, akan mulai berbuah pasir. Terus lakukan perawatan dan pemupukan secara berkala agar pertumbuhan pohon sawit tetap terjaga. Bersihkan pelepah sawit yang sudah banyak dan menggangu pertumbuhan buah.

Itulah beberapa Tips Budidaya Kelapa Sawit Yang Benar, mudah-mudahan dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

4 Responses to "Tips Paling Ampuh Budidaya Kelapa Sawit Cepat Sukses"

  1. Sebuah situs yang membahas pertanian.. Bisa jadi referensi pentin bagi para petani di Indonesia nih.
    Maaf ya komennya di luar topik..

    Sukses terus gan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan no problem...makasih sudah mau berkunjung ke blog saya ya..

      Delete
  2. Makasih Pak atas informasinya, soalnya Orang tua saya punya lahan kebun sawit di Medan, makanya saya pelajari bagaimana agar Budidaya Kelapa sawit cepat sukses.
    Oh iya Pak ini email saya kiranya bapak berkenan email ke saya trik trik khusus dalam Budidaya kelapa sawit. desimasitumorang99@yahoo.com. Makasih Pak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2..makasih jg sudah bekenan mampir di blog dasar-pertanian ini..

      Delete