Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik adalah cara menanam kacang tanah dan bagaimana kita sebagai petani terutama petani kacang tanah agar mendapatkan hasil panen kacang tanah yang melimpah. Kacang Tanah atau bahasa latinnya Arachis hypogaea adalah tanaman jenis kacang-kacangan yang banyak di budidayakan di indonesia. Kacang tanah menduduki posisi tertinggi sebagai tanaman yang banyak dibudidayakan setelah padi, jagung dan kedelai dalam pertanian di indonesia. 

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik
Foto pribadi : dasar-pertanian

Tehnik budidaya kacang tanah ini sangat cocok ditanam pada daerah atau wilayah yang memiliki curah hujan sedang. Karena jika kita menanam kacang tanah pada daerah yang memiliki curah hujan terlalu tinggi dapat menyebabkan hasil budidaya kacang tanah menjadi buruk. Seperti bunga sulit untuk diserbuki, pertumbuhan jamur semakin cepat karena tanah terlalu lembab, dan hasil panen akan banyak yang gagal. Sebaiknya dalam membudidayakan kacang tanah ini harus mendapatkan sinar matahari yang penuh, karena penyinaran matahari dibutuhkan sekali terutama saat perkembangan daun dan pembesaran buah. Idealnya dalam bercocok tanam kacang tanah berada di ketinggian antara 50-500 meter diatas permukaan laut.

Dalam budidaya kacang tanah sangat efektif jika dilakukan pada konstur tanah yang gembur, yang memiliki kandungan unsur hara kalsium (Ca), nitrogen (N), kalium (K) dan pospat (P) yang cukup tinggi. Tingkat keasaman (pH) yang baik untuk budidaya kacang tanah ini adalah sekitar 5-6,3. Dengan tanah yang gembur tentu akan membuat pertumbuhan kacang tanah menjadi cepat.

Adapun unsur kalsium (Ca) ini sangat dibutuhkan sekali bagi tanaman terutama kacang tanah, lebih-lebih pada fase generatif. Adanya unsur Kalsium (Ca) ini sangat berpengaruh terhadap produktivitas tanaman untuk menghasilkan kacang. Didalam tehnik pertanian organik, unsur kalsium (Ca) dapat dipenuhi dengan menambahkan kapur khusus untuk pertanian atau dolomit pada saat pengolahan lahan. Khusus pada lahan yang mempunyai tingkat keasaman tinggi atau disebut juga lahan basah, maka dalam menambahkan kapur akan lebih tinggi dibanding lahan kering yang ber-pH netral.

Adapun Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses bisa anda simak dibawah ini penjelasannya.

Pemilihan bibit

Dalam proses pemilihan bibit diperlukan ketelitian dan kejelian kita, karena jika kita salah dalam memilih bibit kacang tanah, maka budidaya kacang tanah tidak akan berhasil. Benih kacang tanah bisa kita dapatkan dari kacang tanah yang sudah tua kira-kira yang sudah 100 hari. Selain itu anda juga dapat membeli bibit kacang tanah ditoko pertanian, namun dalam membeli benih kacang tanah ditoko pertanian pilihlah yang memiliki label atau sertifikat resmi dari dinas pertanian atau perkebunan. Agar anda yakin akan kualitas dari benih kacang tanah tersebut. Sedang untuk benih yang berasal dari biji kacang tanah langsung, kriteria benih yang baik adalah benih yang warnanya kehitaman dan apabila dibuka tidak memiliki selaput pada bagian dalam cangkang. Setelah kadang tanah dipanen segera lakukan penyortiran terlebih dahulu, lalu jemur benih selama kurang lebih 4-5 hari. Untuk tatap menjaga kualitasnya, maka sebaiknya benih kacang tanah teresebut anda simpan selama 3-6 bulan saja. Ketika dalam masa penyimpanan sebaiknya kulit kacang tanah sebaiknya jangan dikupas dulu agar tetap awet. Silahkan buka kulitnya apabila akan digunakan saja.

Tehnik pengolahan tanah

Agar anda mendapatkan hasil maksimal dalam budidaya kacang tanah ini, maka lahan untuk budidaya kacang tanah tersebut harus digemburkan terlebih dahulu. Proses penggemburan tanah dapat dilakukan dengan bajak, cangkul, dan sebagainya. Namun untuk menghemat waktu sebaiknya anda gunakan bajak agar lebih cepat dan hasil penggemburan semakin bagus. Setelah lahan siap digemburkan, tambahkan kapur sebanyak 2 ton per hektar untuk hasil maksimal. Kemudian campurkan secara merata keseluruh tanah yag telah digemburkan dan diamkan selama kurang lebih 2-3 hari.

Setelah itu anda boleh juga menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasarnya. Akan lebih bagus jika ada campuran pupuk dari kotoran ayam atau kotoran kambing. Campurkan dengan tanah secara merata.

Proses Penanaman Kacang Tanah

Tehnik penanaman kacang tanah dilakukan dengan cara membuat lubang dengan jarak tanam 25×25 cm. Kemudian isi pada setiap lubang dengan satu butir benih. Mungkin akan diperlukan sekitar 50 kg benih untuk satu hektar lahan. Setelah benih kacang tanah siap ditanam, lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari terutama pada musim kemarau. Biasanya benih kacang tanah akan mulai tumbuh atau berkecambah setelah 4-7 hari.

Tips Budidaya Kacang Tanah Organik
benih kacang mulai berbunga

Tehnik Perawatan dan Pemupukan Kacang Tanah

Kacang tanah akan tumbuh secara serentak setelah satu minggu pertama dan mulai berbunga pada usia sekitar 20-30. Pada masa pertumbuhan inilah hal yang penting untuk melakukan perawatan. Adapun cara perawatan kacang tanah organik ini adalah dengan pemberian pupuk tambahan, pembersihan hama dan gulma, penyiraman, dan lain-lain. Sebaiknya anda tambahkan pupuk yang banyak mengandung posfor agar hasil buahnya bagus serta banyak atau gembel.

Pembersihan hama yang harus dilakukan adalah dengan cara penyemprotan. Adapun hama yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah ini antara lain ulat penggulung daun, ulat grayak, ulat jengkal, dan uret (pemakan akar). Dengan rajin melakukan perawatan dan pemupukan pada kacang tanah, maka dijamin anda akan panen kacang tanah dengan hasil maksimal.

Masa panen budidaya kacang tanah

Kacang tanah ini sudah bisa dipanen setelah berumur 90 hari setelah tanam. Adapun ciri-ciri fisik dari kacang tanah yang siap untuk dipanen antara lain adalah sebagai berikut :
  • Batangnya sudah mulai mengeras
  • Daun sudah mulai menguning dan berguguran. 
  • Selain itu anda juga dapat mencoba mengambil contoh atau mencabut beberapa batang kacang tanah dan memeriksa secara langsung apakah bijinya sudah terisi penuh atau belum.
Demikianlah beberapa  Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses, mudah-mudahan dapat membantu anda dalam rencana budidaya kacang tanah organik.

1 Response to "Tips Budidaya Kacang Tanah Organik Agar Sukses"

  1. Terima kasih atas artikelnya.
    Akan saya coba tanam kacang tanah di bawah tegakan tanaman Sengon Solomon Jaguar.
    Sekaligus saya akan coba di Nursery kami bibit sengon solomon jaguar.
    Trims.

    ReplyDelete