Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik

Dasar Pertanian - Manfaat oksigen bagi tanaman memang sangat penting sekali untuk menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. Sama halnya dengan tanaman hidroponik, juga sangat membutuhkan oksigen untuk pertumbuhan tanaman. Bercocok tanam dengan tehnik hidroponik ini sangat menguntungkan bila dibanding dengan metode lain karena tidak banyak membutuhkan lahan. Untuk lebih jelas tentang pengertian dan manfaat tanaman hidroponik ini, silahkan baca Pengertian Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya. Sedangkan media yang paling penting dalam budidaya hidroponik adalah air. Jadi karena menggunakan media air, maka kebutuhan oksigen bagi tanaman hidroponik akan lebih banyak.

Hidroponik, sebagaimana namanya, hydro yang artinya air, sistem penanaman hidroponik ini memang sangat mengandalkan air sebagai media utamanya. Namun tentu saja bukan air saja yang dibutuhkan, masih ada unsur lain yang perlu kita digunakan, seperti pasir, pecahan batu karang dan batu bata, serabut kelapa, batu kerikil, busa, gabus atau sterofoam, potongan kayu, batu apung, sumbu kompor, dan masih banyak lagi media yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan media tanam hidroponik.

Kembali lagi kepada topik kita kali ini yakni masalah pentingnya oksigen dalam air bagi tanaman hidroponik. Oksigen adalah salah satu problem yang sering dialami dalam budidaya tanaman secara hidroponik. Apabila tanaman hidroponik kekurangan oksigen, maka akan menyebabkan tanaman tidak tumbuh maksimal bahkan bisa mati. Karena kebutuhan oksigen dalam air sangat diperlukan untuk respirasi dan tenaga dalam penyerapan nutrisi oleh akar. Apabila terjadi kegagalan dalam respirasi akar, akan mengakibatkan akar gagal menyerap unsur hara dan pada akhirnya akar akan membusuk.

Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik
Budidaya Tanaman Hidroponik


Tanaman hidroponik yang tercukupi kebutuhan oksigen akan tampak dari bentuk akarnya. Tanaman hidroponik yang cukup oksigen, akarnya akan berwarna putih dan tebal. Sementara itu tanaman kekurangan oksigen akarnya akan terlihat sedikit dan berwarna kecoklatan dengan ujung menghitam yang menandakan akar telah membusuk.

Untuk menambah jumlah oksigen dalam tanaman hidroponik dapat dilakukan dengan cara - cara berikut.
  • Pasang aerator di dalam tangki.
  • Mempercepat aliran dan kemiringan sehingga air akan membentur dan bergerak cepat agar oksigen mudah terdifusi.
  • Lakukan pedinginan air di tangki agar daya larut oksigen menjadi lebih besar. Suhu ideal untuk tanaman hidroponik adalah 24 C, tapi range toleran antar 20-34 C.
  • Dengan memberikan H2O2 (Peroksida) dan O3 (Ozon)  juga bisa menambah kandungan oksigen. Namun pemberiannya jangan melebihi 8 ppm untuk peroksida dan 1,5 ppm untuk ozon karena dapat menyebabkan akar menjadi layu.
Jadi kesimpulannya adalah bahwa tanaman hidroponik ini sangat membutuhkan oksigen lebih banyak dibanding dengan tanaman lain. Jika kebutuhan oksigen bagi tanaman hidroponik tercukupi, maka pertumbuhan tanaman akan menjadi bagus. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Inilah Pentingnya Oksigen Bagi Tanaman Hidroponik"

Post a Comment