Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil

Dasar Pertanian - Cara menanam sawit dilahan gambut merupakan salah satu budidaya kelapa sawit yang bisa dikatakan cukup sulit. Budidaya kelapa sawit dilahan gambut ini membutuhkan ketelitian dan perawatan yang baik. Karena lahan gambut sangat berbeda dengan lahan lainnya. Namun disamping kesulitan untuk menanam sawit dilahan gambut ini, ternyata ada sisi positifnya. Karena lahan gambut mempunyai pengaruh yang cukup penting jika dilihat dari segi ekonomi dan ekologi. Perlu anda ketahui bahwa lahan gambut sudah menyediakan hasil hutan seperti kayu dan non kayu, penyimpanan air, pensuplai air dan juga sebagai pengendali banjir. Selain itu lahan gambut ini juga merupakan habitat bagi keanekaragaman hayati. Bahkan dalam pengembangan pembangunan diberbagai sektor, pemanfaatan lahan gambut ini cukup menjadi alternatif cadangan terakhir apabila tidak memungkinkan bagi pengembangan di lahan mineral, namun hanya pada lahan gambut yang terdegradasi.  Sedangkan bagi kawasan hutan gambut harus tetap dipertahankan sebagai hutan gambut supaya ekosistem tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin menanam sawit dilahan gambut yang telah terdegradasi, maka sangat perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini:

Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil


Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil

 

1. Perhatikan Nilai Kecocokan Lahan

Untuk melakukan budidaya tanaman kelapa sawit pada lahan gambut sangat perlu dipertimbangkan dan pastikan bahwa lahan gambut sesuai untuk kelapa sawit. Dalam hal tahap ini yang paling penting adalah memastikan bahwa lokasi atau tempat yang akan digunakan tidak bertentangan dengan peraturan, dan cukup layak untuk dilaksanakan usaha. Selain itu berhasil tidaknya dalam budidaya sawit di lahan gambut juga sangat bergantung pada faktor-faktor diantaranya adalah: 
  • kematangan gambut,
  • kedalaman gambut, 
  • kedalaman lapisan pirit, 
  • frekuensi dan lama genangan.

2. Melakukan Pembukaan Lahan Dengan Baik  

Untuk menaman sawit dilahan gambut, tips selanjutnya adalah dengan melakukan pembukaan lahan yang baik dan benar. Dalam hal pembukaan lahan gambut, lakukan pengolahan Lahan Tanpa Bakar (zero burning), karena jika lahan gambut yang telah kering dan terbakar dapat mengakibatkan resiko yang cukup besar, selain itu juga kita akan banyak mengalami kerugian, seperti kehilangan unsur hara yang terkandung pada lahan, akan terjadi pelepasan karbon dalam bentuk asap. Sehingga akibatnya bukan hanya kita saja yang dirugikan, tetapi banyak pihak lain yang akan menanggung kerugian akibat pembakaran lahan gambut ini.

3. Mensuplai Air Jika Lahan Gambut Sudah Kering

Melakukan penyuplaian air adalah hal yang harus diperhatikan didalam budidaya kelapa sawit dilahan gambut. Karena jika lahan gambut sudah kering, maka sifat tanah tersebut tidak dapat lagi menjadi basah. Maka dari itu sangat diperlukan pemasokan air guna mendapatkan air yang cukup.

4. Melakukan Pemadatan Gambut

Tujuan dari pemadatan gambut adalah  supaya tanah menjadi padat sehingga daya topang terhadap tanaman menjadi kuat dan tanaman sawit tidak mudah tumbang. Jika anda tidak melakukan pemadatan gambut tersebut, maka akibatnya nanti pohon sawit yang anda tanam akan mudah roboh karena daya topang akar tanaman tidak kuat.

5. Melakukan Perawatan Dengan Baik

Untuk melakukan perawatan tanaman sawit dilahan gambut sebenarnya hampir sama dengan tanaman sawit dilahan mineral, hanya saja ada bebearpa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :
- Upaya penggalian produksi
- Masa TBM dan TM
- Melakukan penunasan
- Melakukan pengendalian gulma atau rumput liar
- Melakukan pengendalian hama dan penyakit (Integrated Pest Management)
- Melakukan perawatan jalan
- Melakukan perawatan sarana panen

6. Melakukan Pemupukan

Dalam budidaya sawit dilahan gambut, pemupukan juga sangat penting untuk keberhasilan kita menanam sawit dilahan gambut tersebut. Untuk lahan gambut yang subur, jenis pupuk dan dosisnya hampir sama dengan pemupukan pada tanah mineral. Sedangkan untuk lahan gambut dengan kadar ca dan mg pemupukan relatif lebih tinggi. Untuk mengaplikasikannya adalah :
- tidak perlu pengapuran
- aplikasi dosis kcl 3–5 kg/pohon/tahun
- pupuk mikro yang wajib diberikan (Cu, Zn, Fe, B)

7. Harus Waspada Terhadap Api

Tips terakhir dalam budidaya ranaman sawit dilahan gambut agar berhasil adalah dengan mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan atau kebun. Untuk itu sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini :
- membangunan menara pengawas api
- mempersiapkan sarana dan prasarana pemadam api
- perlu membuatan organisasi pengendalian kebakaran

Itulah beberapa Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Salam Pertanian...

1 Response to "Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil"