Cara Membuat Pupuk Cair Sendiri Untuk Tanaman Semusim

DasarPertanian - Penggunaan pupuk cair pada tanaman memang sangat bagus dan dapat meningkatkan kualitas tanaman. Tetapi tidak banyak petani yang menggunakan pupuk cair ini sebagai pupuk tambahan mereka karena harga yang memang cukup mahal. Tetapi bagi anda yang juga mengalami masalah tersebut, tidak perlu kuatir karena sebaenarnya kita bisa membuat pupuk cair sendiri dengan bahan baku pupupk NPK Phonska dan ditamba pupuk lainnya. Makanya disini dasar pertanian akan bagikan sedikit tutorial tentang cara membuat pupuk cair sendiri dengan mudah.

Penggunaan pupuk cair yang akan kita buat ini ditujukan untuk memupuk tanaman semusim, seperti tanaman cabe, dan sayuran lainnya. Dalam penggunaan pupuk cair ini, saya telah mencoba sendiri mempupuk tanaman cabe dengan larutan pupuk phonska dan pupuk lainnya dan hasilnya sangat bagus. Disamping hasilnya sangat bagus, kita juga lebih menghemat biaya dari pada harus membeli pupuk cair yang dijual dipasaran.

Sebelum memulai pembuatan pupuk cair ini sebaiknya anda tahu berapa dosis yang harus digunakan pada tanaman tersebut. Karena jika pemberian pupuk cair buatan ini berlebihan maka hasilnya juga tidak bagus. Selain itu tata cara pemupukannya juga harus diperhatikan, nanti bisa anda simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Membuat Pupuk Cair Sendiri Untuk Tanaman Semusim
Proses pembuatan pupuk cair sendiri


Cara Membuat Pupuk Cair Sendiri Untuk Tanaman Semusim


Untuk membuat pupuk cair sendiri ini kita hanya membutuhkan pupuk anorganik berupa pupuk NPK Phonska, Pupuk KCL, dan pupuk SP-36. Berikut ini merupakan cara pembuatan pupuk cair sendiri dengan bahan pupuk anorganik.
  • Silahkan anda takar kira-kira 2 kg pupuk NPK Phonsksa, 1 kh pupuk KCL, dan 1 kg pupuk SP-36.
  • Kemudian larutkan semua bahan tersebut dalam air bersih, bisa anda gunakan ember. Untuk takaran airnya yaitu jika dengan perbandingan pupuk tersebut yaitu gunakan air sebanyak 8 liter.
  • Aduk-aduk pupuk yang sudah dilarutkan hingga tercampur dan larut semuanya.
Dalam hal ini kita sudah berhasil membuat pupuk cair sendiri dan tinggal menggunakannya pada tanaman. Namun untuk dosis dan takaran penggunaan pupuk cair ini harus tepa dan sesuai, untuk itu seilahkan baca penjelasannya dibawah ini.

Cara Penggunaan Pupuk Cair Buatan


Setelah anda berhasil membuat larutan pupuk cair, maka saatnya menggunakannya pada tanaman semusim. Dalam hal ini yang saya coba adalah tanaman cabe. Jadi untuk menggunakan pupuk tersebut, tadi larutan tersebut menjadi sekitar 8 liter pupuk cair. Itu tidak langsung digunakan ya, tapi masih harus dicampur lagi dengan air. Kalau langsung kita gunakan memupuk tanaman, maka bisa jadi tanaman akan mati karena panas. Jadi harus diencerkan lagi dengan air bersih. Berapa kira-kira takarannya? Berikut penjelasannya.
  • Untuk menggunakannya sebaiknya anda encerkan 1 liter pupuk cair tersebut dengan 20 liter air bersih.
  • Setelah itu anda pupukkan pada tanaman cabe dengan cara menyiramkannya pada bagian akar tanaman.
  • Gunakan pupuk cair ini setelah usia tanaman sekitar 1 bulan keatas. Jadi anda bisa menggunakan 8 liter pupuk cair tersebut pada tanaman setelah usia tanaman siap diberi pupuk cair.
Sekarang anda sudah bisa membuat sendiri pupuk cair dirumah dan jika penggunaan rutin yaitu minimalnya 2 bulan sekali, maka saya jamin tanaman cabe atau tanaman sayuran anda akan subur dan berkualitas hasilnya. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Cair Sendiri Untuk Tanaman Semusim"

Post a Comment