Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )

Dasar Pertanian - Membuat pupuk kocor secara alami atau organik merupakan cara yang sangat baik untuk menunjang keberhasilan kita dalam budidaya tanaman. Mengingat sekarang harga pupuk sudah naik, apalagi pupuk cair justru lebih mahal lagi, namun dengan keadaan seperti itu kita harus mencari solusinya. Adapun solusinya adalah dengan cara membuat pupuk sendiri dirumah, dengan bantuan bahan-bahan alami, maka kita bisa ciptakan pupuk cair berkualitas. Pupuk yang akan kita buat kali ini bernama pupuk kocor, karena pupuk kocor ini adalah pupuk yang ramah lingkungan dan mudah penggunaannya karena dalam bentuk cair.

Bagaimana cara membuat pupuk kocor secara alami? Setelah sebelumnya admin sudah bahas tentang bagaimana cara membuat pupuk kocor secara kimiawi, maka sekarang saatnya kita bahas bagaimana pula cara membuat pupuk kocor secara alami, yaitu kita menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya ramah lingkungan. Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )
Gambar proses pembuatan pupuk kocor alami

Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )


Sebelum kita membuat pupuk kocor alami, ada beberapa bahan yang harus kita siapkan, apa saja bahan-bahan tersebut, silahkan anda lihat dibawah ini.

Bahan-bahan : 
  • Tepung yang dibuat dari daun petai atau lamtoro sebanyak 1 kg.
  • Tepung dari biji kacang panjang sebanyak 1 kg.
  • Urin sapi atau kambing sebanyak 1 liter.
  • Dedak halus sebanyak 3 ons.
  • Gula pasir atau bisa juga gula merah. Jika menggunakan gula pasir takarannya adalah 10 sdm, dan jika menggunakan gula merah takarannya adalah 2 ons.
  • Terasi atau belacan sebanyak 10 gram.
  • Larutan EM4.
  • Air secukupnya
Cara membuatnya : 
  1. Larutkan gula pasir atau gula merah hingga mencair dengan cara merebusnya dengan air.
  2. Kemudian anda haluskan ( giling / tumbuk ) terasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya sampai benar-benar halus.
  3. Lalu selanjutnya masukan semua bahan-bahan diatas kedalam sebuah jerigen berukuran ukuran 20 liter, kecuali larutan EM4.
  4. Setelah itu tambahkan air bersih kedalam jerigen tadi dan aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Setelah semua bahan tercampur rata, lalu tambahkan larutan EM4 yang sebelumnya sudah disiapkan dan terus aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Baru kemudian anda tutup jerigen tersebut hingga rapat dan simpan pada tempat teduh selama 2 minggu. Usahakan setiap 3 hari sekali, buka tutup jerigen sebentar lalu tutup kembali. Hal ini supaya ada udara yang masuk agar membantu proses fermentasi pupuk.
Demikian sedikit penjelasan tentang Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik ), semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )"

Post a Comment