Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Kimiawi

Dasar Pertanian - Cara membuat pupuk secara kimiawi merupakan alternatif bagi kita yang ingin mendapatkan pupuk cair dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Pupuk kocor merupakan pupuk cair yang pembuatannya bisa dilakukan dengan beberapa cara dan bahan yang digunakan juga bermacam-macam, salah satunya adalah dengan bahan pupuk kimia. Apa keuntungan kita membuat pupuk kocor sendiri dengan cara kimiawi ini? Jika anda ingin tahu apa manfaat membuat sendiri pupuk kocor dengan bahan pupk kimia adalah anda akan mendapatkan hasil panen yang melimpah, karena kandungan dari pupuk kocor ini sangat baik dan terbukti dapat meningkatkan hasil panen pertanian maupun perkebunan.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan apa defenisi dari pupuk kocor ini. Namun bagi anda yang belum tahu apa sih sebenarnya pengertian pupuk kocor itu? Maka bisa anda baca pada artikel saya yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Pengertian Pupuk Kocor

Kembali pada topik kali ini yaitu bagaimana cara membuat pupuk kocor dengan cara kimiawi. Adapun cara membuat pupuk kocor dengan bahan pupuk kimia ini, anda bisa menggunakan beberapa pupuk, seperti pupuk Urea, NPK Mutiara, KCL, SP-36, dan lain-lain. Mari simak caranya berikut ini.

Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Kimiawi
Proses pembuatan pupuk kocor dengan bahan kimia

Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Kimiawi


Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Pupuk Urea/NPK = 1 kg.
  • Larutan EM4 = 50 cc  (50 ml).
  • Air = 5 liter.
Cara membuatnya :
  1. Silahkan anda tuangkan pupuk urea atau pupuk NPK yang sudah dipersiapkan kedalam jerigen atau tempat yang ada tutupnya. Kemuadian tambahkan air 5 liter yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk-aduk hingga merata dan pupuk mencair.
  2. Kemudian anda masukkan pula larutan EM4 kedalamnya dan aduk terussampai tercampur rata.
  3. Kemudian tutup jerigen tersebut dengan rapat, lalu simpan pada tempat yang teduh selama 3 hari atau lebih sebelum digunakan. 
Baca juga : Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Alami ( Organik )

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Kimiawi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Kocor Secara Kimiawi"

Post a Comment