Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya

Dasar Pertanian - Gulma berdaun sempit adalah golongan rumput liar yang memiliki ciri-ciri daun kecil dan umumnya memiliki batang bulat dan agak pipih. Biasanya gulma berdaun sempit ini juga memiliki batang yang berongga, namun ada juga yang tidak. Mungkin pada postingan sebelumnya dasar-pertanian sudah menjelaskan apa itu gulma berdaun lebar beserata contohnya, nah kali ini akan kita bahas pula apa itu gulma berdaun sempit dan contohnya. Gulma berdaun sempit ini pada umumnya masih tergolong jenis gulma yang termasuk dalam keluarga gramineae. Sebagaimana ciri-ciri yang admin sebutkan diatas yaitu memiliki batang berongga, berdaun kecil juga memanjang.

Baca juga : Contoh Gulma Berdaun Lebar Beserta Gambarnya

Pertumbuhan gulma berdaun sempit ini juga sangat cepat, terutama pada lahan atau tanah yang subur. Tetapi sedikit berbeda dengan gulma berdaun lebar yang lebih mudah tumbuh dengan subur dilahan yang subur, sedangkan gulma berdaun sempit ini dapat tumbuh meskipun dilahan yang kering dan keras sekalipun. Cara menganggulangi gulma berdaun sempit juga prinsipnya sama dengan bagaimana cara menanggulangi gulma berdaun lebar. Karena sifat rumput liar yang mudah tumbuh maka diperlukan pembersihan dengan rutin, meskipun kita sudah menyemprotnya dengan herbisida.

Kebanyakan para petani akan menyemprot gulma dengan herbisida pada saat akan mulai melakukan budidaya tanaman. Lalu apakah menyemprot gulma dengan herbisida aman bagi lingkungan dan tanaman? Untuk dapat jawaban dari pertanyaan itu bisa anda baca pada postingan lainnya berikut ini.

Silahkan baca : Menyemprot Gulma Menggunakan Pestisida Apakah Aman Bagi Tanaman ?

Kembali pada topik kita kali ini yaitu Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya. Mungkin bagi anda selama ini belum tahu mana saja kategori atau golongan gulma berdaun sempit yang sering tumbuh disekitar kita. Berikut merupakan contoh gulma berdaun sempit beserta gambarnya.

Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya


 
1. Rumput Alang-Alang (Imperata cylindrica)

Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya
 
Contoh gulma berdaun sempit yang pertama adalah rumput alang-alang atau dalam bahasa latinnya yaitu Imperata cylindrica. Melihat gambarnya sudah pasti anda tahu dan tentu saja kita semua sering menjumpainya bukan? Nah alang-alang ini termasuk salah satu contoh gulma berdaun sempit yang merupakan rumput liar mudah tumbuh terutama pada lahan kosong yang habis dibakar.

2. Rumput Lulangan (Eleusine indica)

Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya
 
Contoh gulma berdaun sempit selanjutnya adalah rumput lulangan kalau kami menyebutnya atau dalam bahasa latin bernama Eleusine indica. Kenapa kami sebut rumput lulangan karena memang rumput ini memiliki tekstur yang alot dan kuat. Selain itu rumput ini memiliki ciri-ciri berdaun sempit, dan tumbuh berumpun.. Dalam satu rumpun bisa berkisar 3-15 cabang.

3. Rumput Putihan

Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya
 
Contoh gulma berdaun sempit selanjutnya adalah rumput putihan yang merupakan rumput berdaun sempit yang mudah tumbuh pada lahan terbuka. Rumput putihan ini biasanya kami ambil untuk pakan ternak.

Sebenarnya masih banyak lagi Gulma Berdaun Sempit yang tumbuh disekitar kita, mungkin pada kesempatan ini hanya itu yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Gulma Berdaun Sempit Beserta Gambarnya"

Post a Comment