Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau

Dasar Pertanian - Menanam cabai dimusim kemarau sering kali tidak mendapatkan hasil maksimal, hal ini dikarenakan pada musim kemarau julah pasokan air atau kadar air pada tanah berkurang, sehingga tanaman cabai mudah terserang penyakit, kekeringan dan akhirnya menimbulkan dapak buruk berupa gagal panen. Cara menanam cabe dimusim kemarau memang harus sesuai dengan anjuran yang tepat. Lalu dari mana anjuran menanam cabe pada musim kemarau kita dapatkan? Berangkat dari masalah itu, disini dasar-pertanian akan bergabi pengalaman tentang bagaiamana cara menanam cabe dimusim kemarau agar bisa nantinya mendapatkah hasil panen yang melimpah.

Sebelum anda memulai untuk menanam cabai, hal perlu untuk dipahami dan dipelajari adalah bagaimana cara kita dalam memilih benih cabai, bagaiamana cara mengolah tanah untuk ditanami cabai, serta bagaimana cara perawatan tanaman cabai yang baik dan benar. Jika semua ilmu tersebut anda pahamidan anda kuasai, maka dapat saya pastikan anda akan berhasil dalam budidaya cabai.

Didalam budidaya cabe, air merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diacuhkan begitu saja. Jika tiudak ada air maka tanaman cabe sudah pasti akan mati. Semua makhluk hidup juga akan mati bila tidak ada air. Lalu bagaimana cara menanam cabe dimusim kemarau? atau apakah ada tips untuk menanam cabe dimusim kemarau ini? Terutama didaerah yang memiliki curah hujan sedikit apakah bisa melakukan budidaya cabai? Jika pertanyaan itu yang menjadi pikiran anda selama ini, maka melalui blog ini dasar-pertanian akan bagikan informasi tentang Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau. Kenapa admin beri kata ampuh? Karena berdasarkan pengalaman pribadi, tips ini terbukti ampuh memberikan hasil panen cabe walaupun menanam cabe dimusim kemarau. Berikut ini akan admin bagikan bagaimana tips menanam cabe dimusim kemarau agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau

Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau


1. Pengolahan Tanah

Sebelum anda mulai menanam cabai, sebaiknya anda lakukan pengolahan lahan dengan cara yang baik dan benar. Dikarenakan kondisi tanah kering pada musim kemarau, maka sebaiknya anda melakukan penggemburan tanah dengan cara mencangkul atau cara lainnya yang pada intinya adalah kita membolak-balikkan tanah supaya gembur. Jadi meskipun kondisi tanah tandus dan kering, setelah dilakukan penggemburan maka tanah akan menjadi gembur dan memiliki unsur hara yang baik. Setelah kondisi tanah menjadi gembur, sebaiknya anda genangi atau siram dengan air agar tetap terjaga kelembaban tanah. Jika tanah sudah benar-benar gembur anda bisa membuat bedengan atau gundukan untuk menanamkan bibit cabe.

2. Cara memilih bibit cabai harus tepat

Agar sukses dalam budidaya cabe dimusim kemarau, maka pemilihan benih cabe harus tepat, karena ada bibit cabe yang unggul dan tahan terhadap keterbatasan air, terutama dimusim kemarau. Tapi yang jelas bibit cabe harus benar-benar unggul dan terjamin kualitasnya.
Silahkan baca : Cara Tepat Memilih dan Menentukan Bibit Cabai Unggul dan Berkualitas

3. Cara penanaman cabe dimusim kemarau harus benar

Setelah bibit tumbuh dan siiap untuk ditanam dari persemaian, biasanya bibit yang siap tanam adalah antara 35-40 hari sejak persemaian. Kenapa harus pada usia demikian, jelas ha ini karena pada usia tersebut batang cabe sudah kuat dan tahan terhadap cuaca panas.

4. Harus menjaga kelembaban tanah

Pada musim kemarau jelas kadar air tanah akan berkurang dan bahkan tidak ada, jadi untuk mengatasi hal itu agar tanaman cabe tidak kering, diperlukan hal-hal sederhana namun sangat penting untuk kelembaban tanah. Sebagai contohnya adalah anda harus menutupi bedengan dengan plastik mulsa, atau jika terlalu berat karena harus membeli, anda bisa ganti dengan meletakkan jerami padi diatas bedengan, bahkan jerami padi ini bagus jika diletakkan diatas bedengan tanaman cabe anda, ia akan memberikan kelembaban pada tanah secara terus menerus.

5. Harus mencegah hama dan penyakit

Dimusim kemarau, serangan hama dan penyakit akan semakin banyak, maka sangat diperlukan pencegahan dan penaganan segera agar tanaman cabe jauh dari hama penyakit. Jika tanaman cabe terhindar dari serangan hama dan penyakit, maka hasil panen cabe tentu akan maksimal. Memang melakukan penanaman cabe dimusim kemarau mudah dilakukan, yang sulit adalah bagaimana memaksimalkan hasil panen cabe dimusim kemarau.
Silahkan anda baca : Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Di Musim Kemarau

Demikian sedikit ulasan tentang Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau, mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman bagi para pembaca semua. Selamat menanam cabe semoga berhasil.

0 Response to "Tips Ampuh Menanam Cabai Dimusim Kemarau"

Post a Comment