Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Dimusim Penghujan

Dasar Pertanian - Cara meningkatkan hasil panen cabai dimusim penghujan memang gampang-gampang susah. Pasalnya pada musim hujan, intensitas air akan banyak dan berlebih, sehingga jika kita tidak tahu bagaimana cara merawat cabai dimusim penghujan, akan mengakibatkan kita bisa gagal panen. Jika sudah demikian, tentu saja budidaya cabai yang kita harapkan bisa berhasil justru dapat membuat kecawa dan tidak mau lagi menanam cabai. Padahal kuncinya adalah terletak pada perawatan cabai dan bagaimana anda mengatasinya.

Tanaman cabai sejatinya adalah tanaman yang tahan disegala kondisi dan cuaca. Jadi mau ditanam dimusim kemarau dan musim penghujan pun akan bisa tumbuh dan berkembang. Namun yang menjadi persoalan adalah apakah hasil dari budidaya cabai tersebut bisa maskimal? Terutama jika musim penghujan, ada banyak faktor yang mempengaruhi tanaman cabai dan faktor tersebut lebih cenderung berdampak negatif, seperti hama dan penyakit. Mengatasi hama dan penyakit pada tanaman cabai pada musim penghujan akan berbeda dengan musim kemarau. Jika musim penghujan datang, resiko hama dan penyakit akan lebih banyak, sehingga jika tidak segera ditanggulangi akan berakibat buruk pada tanaman cabai.

Artikel menarik lainnya :
Lantas bagaimana cara agar tanaman cabai yang sudah kita budidayakan bisa menghasilkan panen yang baik dan berkualitas meskipun dimusim penghujan? Untuk itu disini dasar-pertanian akan berbagi informasi tersebut kepada anda semua, mudah-mudahan dengan adanya informasi ini anda akan dapat meningktakan hasil panen cabai dimusim penghujan. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Dimusim Penghujan

Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Dimusim Penghujan


Meningkatkan hasil panen cabai pada musim penghujan sebetulnya mudah saja jika anda tahu caranya. Kunci dari kesuksesan budidaya cabai pada musim hujan terletak pada perawatan dan ketelatenan anda. Kenapa menanam cabai ini harus telaten? Jelas sekali bahwa jika anda telaten atau rajin merawat tanaman cabai ini dengan sungguh-sungguh, maka saya bisa jamin anda akan sukses budidaya cabai walaupun dimusim penghujan yang kata orang bilang rentan gagal panen. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar hasil panen cabai anda tetap meningkat walau dimusim hujan.

1. Usahakan cabai ditanam pada bedengan yang cukup tinggi

Apa fungsi membuat bedengan atau gundukan tanah sebelum menanam cabai atau tanaman sayur lainnya? Tidak lain adalah agar dapat membantu mengatur intensitas air jika musim penghujan. Dengan adanya bedengan, tentu saja dipinggir bendengan pasti ada parit yang dapat dijadikan tempat air mengalir jika musim hujan. Kalau tidak ada parit yang bisa menampung dan mengalirkan air, maka air hujan akan tertampung juga pada lahan atau pangkal tanaman cabai, jika hal itu berlangsung lama dan hujan tidak berhenti selama 2 hari saja akan mengkibatkan batang cabai menjadi busuk karena terendam air. makanya penting sekali membuat bedengan sebelum menanam cabai.

2. Tambahkan nutrisi pada tanaman cabai

Untuk memperkuat dan meningkatkan daya tahan cabai dimusim penghujan, sebaiknya anda berikan nutrisi penguat tanaman cabai. Atau anda bisa memilih jenis cabai yang unggul dan taha disegala cuaca.

3. Lakukan perawatan instensif

Melakukan perawatn secara khusus pada tanaman cabai dimusim penghujan adalah hal yang wajib anda lakukan jika anda ingin tanaman cabai panen berkali-kali lipat. Jadi perawatan cabai dimusim penghujan ini sangat penting dan harus anda lakukan dengan benar dan tepat. Bagaimana cara merawat tanaman cabai dimusim penghujan? Untuk itu dasar-pertanian sudah mejawabnya pada artikel lainnya pada link dibawah ini.
Silahkan anda baca : Cara Merawat Tanaman Cabai Dimusim Penghujan

Itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Dimusim Penghujan, mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Meningkatkan Hasil Panen Cabai Dimusim Penghujan"

Post a Comment