Pengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya

Dasar Pertanian - Unsur hara adalah beberapa nutrisi yang sangat penting bagi tanaman yang meliputi unsur hara makro maupun mikro. Kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makanan dan nutrisi untuk berkembang, begitu pula dengan tanaman juga sangat membutuhkan makanan dan nutrisi untuk dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna. Salah satu unsur penting yang dapat menjadikan tanaman subur dan berkembang dengan baik adalah hara. Karena hara yang ada pada tanah akan memberikan nutrisi penuh dan tingkat kesuburan sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Makanya tidak heran jika para petani selalu memberikan pupuk baik pra tanam maupun pasca tanam guna memenuhi unsur hara pada tanah dan tanaman.

Dengan memberikan pupuk pada tanaman, maka secara otomatis unsur hara akan terpenuhi dengan baik. Meskipun sebenarnya secara instan unsur hara ini sudah ada dalam tanah, namun jika kita ingin sukses dalam pertanian maupun perkebunan, maka harus memberikan nutrisi berupa pupuk. Tetapi sekarang banyak tanah yang justru semakin tandus dan gersang dari waktu kewaktu. Lalu apa penyebab tanah bisa menjadi tandus dan gersang sehingga dapat membuat hasil pertanian menjadi turun? Untuk mengetahui tentang hal itu bisa anda baca pada artikel yang terdapat pada link berikut ini :

Silahkan baca :

Pengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya

Unsur hara juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Apa saja yang termasuk unsur hara makro dan apa pula yang terkandung dalam unsur hara mikro? Berikut penjelasannya.

1. Unsur hara makro

Pengertia unsur hara makro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang besar, yang meliputi Nnitrogen ( N ), Phosfor ( P ), Kalium ( K ), Magnesium ( Mg), Kalsium ( Ca ), dan juga Sulfur ( S ). Unsur hara makro ini sangat dibutuhkan oleh tanaman guna pertumbuhan dan perkembangan. Unsur hara makro ini biasanya banyak terdapat pada pupuk anorganik seperti pupuk NPK, Urea, dan lain-lain.

2. Unsur hara mikro

Unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibuthkan tanaman namun dalam jumlah yang kecil, tetapi meskipun jumlahnya kecil sangat penting sekali untuk proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Jika tidak ada unsur hara mikro maka tanaman tidak dapat berbunga dengan sempurna. Adapun yang termasuk dalam unsur hara mikro ini meliputi Natrium (Na), Boron ( B ), Besi atau Ferro ( Fe ), Tembaga ( Cu ), Seng atau Zinc ( Zn ), Molibdenum (Mo), Mangan (Mn), Khlor (Cl), Cobalt (Co), Silicone (Si), Nikel (Ni).

Begitu pentingnya unsur hara ini bagi tanaman, makanya perlu kita jaga tanah agar tidak menjadi tandus dan gersang, sehingga tanah bisa terus kita gunakan untuk budidaya tanaman sampai kapanpun. Mudah-mudahan sedikit penjelasan tentang Pengertian Unsur Hara dan Jenis-jenisnya ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Pengertian Unsur Hara dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment