Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil

Dasar Pertanian - Budidaya jambu air dalam polybag menjadi pilihan terbaik jika anda ingin berhasil dalam menanam jambu air. Poybag merupakan media tanam yang umumnya berbentuk plastik yang memiliki ukuran dan type yang berbeda-beda. Menanam jambu air dalam polybag sangat mudah dan menguntungkan bagi kita. Lagi pula tanaman ini sangat dianjurkan dibudidayakan dalam polybag atau pot. Jika ditanam diluar pot dan diluar polybag, besar kemungkinan hasil buah jambu air tidak manis. Memang ada sebagian jenis jambu air yang meskipun ditanam diluar pot dan luar polybag tetap manis, namun itu harus bibit jambu yang benar-benar berkualitas.

Jambu air ini memiliki banyak jenis atau varietas, salah satu jenis jambu air yang sangat populer adalah jambu madu. Dikatakan jambu madu karena jenis jambu air yang satu ini memang memiliki ciri khas rasa buah yang manis sekali. Sudah banyak bibit jambu madu yang dijual dan anda bisa membelinya dengan mudah.
Artikel menarik lainnya : Panduan Sukses Budidaya Jambu Madu

Kalau kita berbicara masalah jambu air, tentu anda semua ingin memiliki kebun jambu air sendiri dan menanam dipekarangan rumah anda. Lalu bagaimana cara agar sukses budidaya jambu air dirumah? Salah satu tips sukses budidaya jambu air adalah menggunakan media polybag. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan sedikit pengalaman tentang bagaimana cara sukses menanam jambu air dalam polybag. Silahkan simak penjelasannya lengkapnya berikut ini.

Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil

Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil

Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil


Untuk bisa berhasil dalam menanam jambu air didalam polybag, ada beberapa hal yang harus anda lakukan dan siapkan. Karena budidaya jambu air dalam polybag ini membutuhkan perhatian dan ketelitian khusus. Jika anda terapkan tips ini, maka saya pastikan anda akan akan sukses budidaya jambu air didalam polybag. Apa saja hal yang harus anda perhatikan agar bisa sukses budidaya jambu air dalam polybag? Adapun yang harus diperhatikan dan disiapkan antara lain:

1. Siapkan bibit jambu air yang unggul dan berkualitas

Bibit jambu air yang unggul adalah bibit pilihan yang merupakan varietas nomor satu, sebagai contoh bibit jmabu air yang unggul adalah jenis jambu madu. Jambu air madu sangat cocok anda tanam dalam polybag, karena memiliki kualitas terbaik dan buah yang berkualitas.

2. Siapkan polybag yang berukuran besar

Untuk ukuran polybag bisa anda gunakan yang berukuran besar, kenapa saya sarankan polybag yang berukuran besar? Karena dengan ukuran polybag yang cukup besar, pertumbuhan akar bisa sempurna. Jika polybag yang anda gunakan berukuran kecil, maka pertumbuhan jambu juga akan lambat, pohon jabu tidak bisa besar.

3. Isi polybag dengan tanah yang subur bercampur sekam padi dan pupuk

Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam budidaya jambu air dalam polybag, usahakan polybag anda isi dengan tanah subur, kemudian anda bisa tambahkan dengan sekam padi dan pupuk organik, Kemudian anda campurkan hingga merata.

4. Jangan lupa lubangi bagian bawah polybag

Untuk memperlancar sirkulasi udara dalam polybag, perlu anda membuat lubang dibagian bawah polybag. Biasa polybag yang dijual di toko sudah ada lubang, jika belum ada maka anda harus melubanginya terlebih dahulu.

5. Lakukan perawatan khusus

Setelah point diatas anda lakukan, maka tips terakhir agar bisa sukses dalam budidaya jambu air adalah melakukan perawatan secara intensif terhadap tanaman jambu air. Perawatan ini meliputi pemupukan, penyiraman, pengendalian hama dan penyakit, penunasan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah wawasana anda didalam budidaya jambu air. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Budidaya Jambu Air Dalam Polybag Agar Berhasil"

Post a Comment