Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung

Dasar Pertanian - Mengendalikan penyakit pada tanaman adalah hal yang wajib kita lakukan jika ingin tanaman budidaya dapat berkembang maksimal. Karena jika tanaman sudah berpenyakit dan dibiarkan begitu saja, lama kelamaan akan rusak dan parahnya lagi tanaman bisa mati. Begitu juga dengan tanaman jagung, pastinya akan mengalami masalah yaitu penyakit. Banyak jenis penyakit yang sering menyerang tanaman jagung, seperti penyakit hawar daun, busuk pelepah, penyakit bulai, busuk batang, karat daun, bercak daun, dan lain sebagainya.

Untuk mengendalikan penyakit pada tanaman jagung dibutuhkan beberapa metode atau cara. Cara mengatasi penyakit pada tanaman jagung ini bisa dibilang mudah dan sederhana namun hasilnya luar biasa. Masing-masing penyakit pasti memiliki perbedaan dalam hal pengendliannya. Berikut ini dasar-pertanian akan menyajikan sedikit tips mengendalikan penyakit pada tanaman jagung.

Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung

Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung


1. Penyakit Hawar Daun (Helmithosporium turcicum)

Cara mengendalikan penyakit ini adalah dengan menyemprotkan fungisida dengan menggunakan bahan aktif mankozeb atau dithiocarbamate. Biasanya di toko pertanian banyak yang menjualnya. Untuk dosisnya bisa dilihat pada kemasan. Selain itu kita juga bisa memusnahkan seluruh bagian tanaman jagung hingga keakarnya yang sudah terinfeksi dengan virus hawar daun ini. Cara selanjutnya untuk mengendalikan penyakit hawar daun adalah dengan menanam varietas yang tahan terhadap penyakit ini.

2. Penyakit Busuk Pelepah (Rhizoctonia solani)

Cara mengendalikannya adalah dengan menanam jagung tidak terlalu rapat, dengan jarak tanam yang tidak terallu rapat akan membuat kelembaban tidak terlalu tinggi. Menyemprot dengan fungisida jenis mancozeb atau karbendazim. Selain itu bisa di antisipasi dengan tidak menanam jagung secara terus meneraus dilahan yang sama, caranya harus bergilir.

3. Penyakit Bulai (Peronosclerospora maydis)

Cara mengendalikan penyakit bulai sebenarnya hampir sama dengan cara diatas, yakni dengan menanam varietas jagung yang tahan terhadap penyakit bulai, menyemprot dengan fungisida, memusnahkan tanaman jagung yang sudah terkena bulai.

4. Penyakit Busuk Batang

Cara mengendalikan penyakit busuk batang pada tanaman jagung adalah dengan menanam varietas jagung yang tahan dengan penyakit busuk batang, kemudian bisa juga dengan memupuk secara berimbang, usahakan hindari pemberian unsur N tinggi dan K rendah.

5. Karat Daun (Puccinia polysora)

Sedangkan untuk mengendalikan penyakit karat daun ini adalah dengan menyemprot fungisida menggunakan bahan aktif benomil yang takarannya ditentukan pada kemasan. Selain itu juga harus memusahkan seluruh batang jagung hingga keakarnya yang sudah terkena penyakit ini agar tidak menular.

Itulah beberapa Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung yang bisa admin bagikan kali ini, mudah-mudahan dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengendalikan Penyakit Pada Tanaman Jagung"

Post a Comment