Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya

Dasar Pertanian - Buah naga merupakan salah buah-buahan yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh masyarakat. Kalau dulu hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menikmati buah naga, biasanya orang yang memiliki banyak uang yang sanggup membelinya. Tapi sekarang tidak lagi demikian, karena dengan banyaknya pasokan buah naga keberbagai daerah, membuat harga jual buah naga mulai turun dan masyarakat bisa membelinya dengan mudah. Tapi meskipun demikian tetap saja ada masyarakat yang tidak mau membeli dan mengkonsumsi buah naga karena katanya harganya masih mahal. Ya memang demikian, tapi sebenarnya ada cara supaya anda tidak repot-repot membeli buah naga, yaitu dengan membudidayakan sendiri buah naga dirumah. Dengan membibitkan sendiri buah naga yang anda beli dari pasar atau toko buah, maka anda sudah bisa menanam buah naga sendiri.

Adapun tehnik menanam buah naga ini ada dua cara, yaitu menanam buah naga dari tunas dan menanam buah naga dari bijinya langsung. Tehnik menanam buah naga tersebut biasa dikenal dengan tehnik Generatif dan tehnik Vegetatif. Kalau menanam buah naga dari tunasnya ( Vegetatif ), itu berarti anda membutuhkan batang dari pohon buah naga itu sendiri. Sedangkan jika anda menanam buah naga dari bijinya langsung ( Generatif ), itu berarti anda harus melakukan pembibitan terlebih dahulu dari biji buah naga. Kedua cara tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda ingin mencoba cara pertama yaitu menanam buah naga dari tunas batang, bisa anda pelajari caranya pada artikel di link berikut ini.
Silahkan baca : Cara Menanam Buah Naga Secara Vegetatif ( tunas batang )

Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi pengalaman tentang bagaimana cara melakukan pembibitan buah naga, anda akan diberikan contoh bagaimana cara membibitkan sendiri buah naga dari bijinya secara langsung, atau menanam buah naga secara generatif. Ada banyak keuntungan menanam buah naga secara generatif ini, salah satunya adalah anda bisa menentukan sendiri jenis atau varietas buah naga yang akan ditanam. Adapun Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya bisa anda baca penjelasannya berikut ini.

Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya


1. Silahkan anda siapkan satu buah naga yang sudah tua, untuk jenis atau varietasnya terserah anda. Setelah anda siapkan buah naganya, maka silahkan anda belah buah naga tersebut menjadi dua bagian.

Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya
Gambar buah naga yang sudah dibelah


2. Kemudian silahkkan anda ambil bagian daging buah naga dengan cara mengeroknya dengan menggunakan sendok atau apa saja terserah anda yang penting bisa digunakan untuk mengerok daging buah naga.

3. Jika sudah anda kerok semua daging buah naganya, lalu hancurnya daging tersebut dan letakkan pada mangkuk atau piring kaca supaya tidak lengket. Kalau saran saya lebih baik ada gunakan piring kaca saja, agar mudah kering nantinya.

Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya
Gambar biji buah naga yang sudah dikerok


4 Tunggu hingga kering dan biji buah naga mudah diambil atau dipisahkan dari dagingnya. Biji buah naga adalah butiran kecil berwarna hitam yang tampak mengkilap setelah anda keringkan.

5. Setelah biji buah naga anda pisahkan dan kering, saatnya anda mulai membibitkannya.

6. Cara membibitkannya cukup mudah, siapkan wadah berupa kotak kardus, atau kotak plastik tempat kue, atau apa saja yang bisa anda gunakan untuk menaburkan biji buah naga. Sebelum itu anda harus alasi dengan kapas atau kertas koran juga bisa. Basahi dan taburkan biji buah naga secara merata.

7. Letakkan pada tempat yang dingin dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar proses pertumbuhan biji buah naga menjadi cepat.

Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya
Biji buah naga sudah mulai tumbuh kecambahnya


8. Setelah biji mulai tumbuh kecambah, lalu siapkan media tanam dengan mencampurkan tanah dan pupuk organik. Lalu pindahkan bijibiji buah naga yang mulai tumbuh pada media tanah dan pupuk tadi. Kemudian tutup dengan tanah halus tipis-tipis saja.

9. Setelah itu lakukan perawatan dengan rajin menyiramnya sampai daun mulai tumbuh. Proses penyiraman bibit buah naga juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk itu perlu juga anda pelajari bagaimana cara menyiram bibit buah naga yang baik dan benar berikut ini.
Silahkan baca : Cara menyiram bibit buah naga yang baik dan benar

10. Setelah bibit mulai tumbuh dan muncul duri-duri halus, itu pertanda bahwa pembibitan buah naga dari biji yang anda lakukan berhasil.

Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya
Gambar bibit buah naga sudah mulai tumbuh dan terlihat duri-duri lembut


Itulah beberapa Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya yang dapat admin bagikan kepada anda. Nah mudah kan tehnik membibitkan buah naga dari biji ini, silahkan anda coba dan semoga berhasil. Semoga bermanfaat

2 Responses to "Cara Mudah Membibitkan Buah Naga Dari Bijinya"

  1. Itu mencampurkan tanah dan pupuknya di atas kapas yang udah ada kecambahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya jika kecambah sudah tumbuh tinggal dipindahkan pada media tanam yang sudah ada campuran tanah dan pupuknya. Kecambahnya bisa kita cabut dan pindahin

      Delete