Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian

Dasar Pertanian - Tanah gambut memang memiliki ciri khas tersendiri dibanding tanah pada umumnya. Tanah gambut dapat diolah menjadi lahan pertania asalkan dengan prosedur yang tepat. Tidak semua lahan gambut dapat dijadikan lahan pertanian, ada beberapa jenis lahan gambut yang tidak boleh dijadikan lahan tani. Di Indonesia sendiri sangat banyak wilayah yang memiliki lahan gambut, seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, dan juga Irian Jaya. Pemanfaatan lahan gambut yang salah dapat berakibat buruk terhadap kelestarian lingkungan. Makanya jika kita ingin menggunakan tanah gambut sebagai lahan pertanian, harap mempelajari karakteristik dari tanah gambut tersebut.

Cara mengolah tanah gambut menjadi lahan pertanian yang baik dan benar adalah dengan mematuhi semua kebijakan-kebijakan dari pemerintah, selalu menjaga kelestarian tanah dan lingkungan. Jadi tidak serta merta kita asal mengolah lahan gambut menjadi lahan pertanian. Berikut ini dasar-pertanian akan berbagi sedikit informasi tentang Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian.

Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian
Pengolahan tanah gambut menjadi lahan pertanian


Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian


1. Pembakaran lahan secara benar

Jika ingin mengolah lahan gambut, cara sederhana dan sering dilakukan para petani adalah dengan membakarnya. Karena dengan membakar lahan maka abu hasil dari pembakaran sangat membantu menurunkan keasaman tanah dan dapat menyuburkan tanah. Namun membakar lahan gambut tidak boleh sembarang bakar. Perlu di ingat bahwa tidak semua lahan gambut boleh dibakar. Ada kriteria tertentu yang mana tanah gambut boleh untuk dibakar. Jika salah membakar lahan gambut, akibatnya pencemaran udara akan terjadi, asap kebarakan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

2. Membuat saluran air

Ketika memutuskan untuk mengolah lahan gambut, maka sistem pengelolaan saluran air sangat penting. Salah satunya adalah dengan membuat saluran irigasi, drainase, serta menggenangi lahan dengan air secara benar.

3. Memberikan pupuk

Pemberian pupuk pada tanah gambut sangat penting sekali, karena lahan gambut sangat minim unsur hara. Dengan memberikan pupuk secara tepat maka akan membuat lahan gambut menjadi subur.

4. Menjaga kelestarian lingkungan

Selalu menjaga kelestarian lingkungan adalah hal yang sangat penting ketika anda mengolah tanah gambut menjadi lahan pertanian. Karena kelestarian alam membuat semua elemen penting yang terkandung pada lahan gambut akan tetap terjaga.

Itulah beberapa Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian, mudah-mudahan informasi singkat dari blog dasar-pertanian.blogspot.com ini dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Cara Tepat Pengolahan Tanah Gambut Menjadi Lahan Pertanian"

Post a Comment