Efektivitas Penggunaan Mulsa Pada Tanaman Cabai Rawit

Dasar Pertanian - Cara meningkatkan kualitas tanaman cabai rawit bisa dilakukan dengan menggunakan media seperti plastik mulsa. Mulsa adalah bahan atau material berbentuk plastik yang sengaja dihamparkan pada permukaan tanah atau lahan pertanian. Mulsa berfungsi untuk membuat tanah menjadi lembab dan subur. Selain itu mulsa ini berfungsi untuk menghindari dan mencegah tumbuhnya gulma disekitar tanaman. Ada banyak manfaat dari plastik mulsa bagi tanaman cabai. Lantas dengan ada inovasi demikian apakah anda ingin menggunakan sebaik mungkin? Ya meskipun bisa dibilang kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli plastik mulsa. Namun ada alternatif lain jika tidak ingin mengeluarkan plastik mulsa, yaitu dengan memanfaatkan jerami padi.

Ada banyak kegunaan mulsa untuk tanaman cabai rawit ini, seperti yang telah dilakukan oleh beberapa patani cabai. Rata-rata mereka mendapatkan hasil yang memuaskan dari budidaya cabai menggunakan mulsa. Lantas apakah semua lokasi tepat digunakan untuk buidaya menggunakan mulsa? Nah inilah yang terpenting dan harus anda ketahui. Karena tidak semua lokasi atau lahan pertanian cocok diberi plastik mulsa. Ada banyak jenis plastik mulsa yang bisa kita gunakan, dan jenis-jenis mulsa itu bervariasi.

Efektivitas Penggunaan Mulsa Pada Tanaman Cabai Rawit


Pada lahan pertanian cabai, dalam hal ini adalah cabai rawit, penggunaan mulsa sangat mempengaruhi kesuburan tanah. Pada awalnya mulsa ini bertujuan untuk mengurangi kekeringan pada tanah, terlebih lagi pada musim kemarau. Cabai rawit yang memang dasarnya tahan terhadap segala musim, meskipun demikian akan mengalami kekerangin jika kadar air tanah berkurang. Dengan memanfaatkan mulsa pada lahan cabai rawit akan membuat tanah tetap lembab. Sebaiknya penggunaan mulsa ini jangan dilakukan disaat musim penghujan, karena pada saat musim hujan, kadar air akan melimpah, jadi kurang efektif jika diberik plastik mulsa.

Untuk mengetahui apa saja keunggulan menanam cabai menggunakan mulsa, bisa anda baca pada artikel pada link dibawah ini.
   
Silahkan baca : Keunggulan Menanam Cabai Menggunakan Mulsa

Demikian sedikit informasi tentang penggunaan mulsa pada tanaman cabai rawit, semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Efektivitas Penggunaan Mulsa Pada Tanaman Cabai Rawit"

Post a Comment