Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit

Dasar Pertanian - Pemupukan kelapa sawit adalah proses pemberian nutrisi bagi tanaman kelapa sawit dan juga untuk meningkatkan tingkat kesuburan tanah. Pemupukan tanaman secara umum memang berguna untuk meningkatkan hasil produksi tanaman tersebut. Makanya dalam budidaya tanaman, yang paling menentukan keberhasilan salah satunya terletak pada pemupukan. Seperti halnya tanaman kelapa sawit ini, juga tidak terlepas dari proses pemupukan. Jenis pupuk yang baik untuk tanaman kelapa sawit sangat banyak dan beragam. Pupuk untuk sawit tergantung pada kondisi tanaman sawit itu juga, misalnya tanaman sawit yang sudah lama tidak dipupuk, maka jenis pupuk dan metode pemupukan berbeda dengan tanaman kelapas sawit yang rutin di beri pupuk. Ada beberapa hal yang wajib kita lakukan sebelum melakukan pemupukan kelapa sawit ini. Dalam kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi informasi tentang apa saja hal yang dimaksud tersebut.
Silahkan baca juga : Inilah jenis pupuk yang bagus dan berkualitas untuk tanaman sawit

Pemupukan kelapa sawit ini sangat penting sekali untuk meningkatkan produksi buah sawit. Terkadang banyak petani sawit yang lalai memberikan pupuk untuk sawit mereka, sehingga mengakibatkan produksi buah sawit menjadi turun dan yang akan mengalami kerugian tentu saja mereka sendiri. Ada juga masalah yang sering dihadapi para petani sawit ini, seperti daun sawit yang tiba-tiba menjadi kuning. Daun sawit yang menguning ini juga akan mempengaruhi produksi bauh sawit. Lantas apa penyebab daun sawit menguning dan bagaimana pula cara mengatasinya?
Silahkan baca : Faktor penyebab daun sawit menguning dan cara mengatasinya

Baiklah sebperti yang admin janjikan tadi bahwa kali ini akan dibahas tentang apa saja Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit. Karena hal ini sangat penting dan wajib anda lakukan jika anda ingin pemupukan kelapa sawit yang anda lakukan bisa meningkatkan produksi buah sawit dan tidak sia-sia belaka. Untuk itu silahkan anda lakukan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan pemupukan sawit.

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit


1. Membersihkan piringan sawit

Sebelum anda memupuk kelapa sawit, sebaiknya anda bersihkan dulu piringan kelapa sawit. Apa itu piringan ini? Maksudnya piringan itu adalah bagian pinggir tanaman kelapa sawit yang mengelilingi pokok sawit. Jadi sangat penting untuk membersihkan bagian piringan  sawit ini sebelum memberi pupuk supaya pupuk yang disebar maupun ditanam dapat meresap dengan cepat ke akar tanaman sawit. Jika anda memupuk kelapa sawit sementara kondisi piringan penuh semak dan gulma, maka pupuk akan diserap oleh gulma atau rumput liar tersebut.

2. Memilih dan menentukan jenis pupuk yang baik untuk sawit

Setiap tanaman kelapa sawit pasti memiliki perbedaan masing-masing, maksudnya adalah sebagaimana admin katakan diatas tadi, ada sawit yang jarang dipupuk dan ada juga sawit yang rajin dipupuk. Makanya memilih dan menentukan jenis pupuk yang baik sangat penting.

3. Mengetahui berapa dosis pemupukan untuk kelapa sawit

Dosis pemupukan juga sangat penting anda pahami sebelum memupuk sawit. Salah dalam memberikan dosis pemupukan pada tanaman sawit dapat berakibat buruk pada tanaman sawit. Misalnya saja jika kita berlebihan memberikan pupuk, maka bisa saja tanaman sawit semakin buruk hasil produksinya. Jadi bagaimana dosis yang benar dalam pemupukan sawit ini?
Silahkan baca : Inilah dosis pemupukan kelapa sawit yang paling tepat

Mungkin itulah beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit, dengan demikian maka anda tidak perlu lagi ragu untuk memberikan pupuk pada tanaman sawit. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memupuk Kelapa Sawit"

Post a Comment