Inilah 3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Harus Anda Ketahui

Dasar Pertanian - Bibit kelapa sawit merupakan bakal calon dari pohon kelapa sawit. Mengetahui dan mengenal macam-macam bibit kelapa sawit memang perlu, karena jika kita tahu apa saja jenis -jenis bibit kelapa sawit, ketika kita ingin menanamnya sudah tidak ragu lagi. Apabila salah dalam memilih dan mengenali jenis bibit kelapa sawit, akibatnya kita tidak tahu apakah bibit kelapa sawit yang kita tanam adalah bibit kelapa sawit unggul atau justru bibit kelapa sawit liar yang kurang produktif.

Berbicara masalah jenis bibit kelapa sawit, tentu anda semua ingin tahu ada berapa sebearnya jenis-jenis bibit kelapa sawit. Berdasarkan pengetahuan dan informasi yang sudah admin dapatkan dari beberapa sumber, setidaknya ada 3 jenis bibit kelapa sawit yang perlu anda ketahui. Adapun bibit kelapa sawit tersebut adalah bibit liar, bibit unggul, dan bibit kultur jaringan. Untuk lebih terperinci berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis-jenis Bibit Kelapa Sawit

Jenis-jenis bibit kelapa sawit


1. Jenis bibit liar

Jenis bibit kelapa sawit liar adalah bibit kelapa sawit yang diperoleh secara langsung dari buah kelapa sawit yang liar tanpa melalui proses pembibitan. Bibit kelapa sawit yang liar ini sering kali di ambil oleh orang yang tidak mau mengeluarkan biaya untuk membeli bibit yang unggul. Karena untuk mendapatkan bibit unggul tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bibit kelapa sawwit liar ini biasanya akan tumbuh dibawah pohon sawit karena sudah lama tidak diambil dan jatuh hingga muncul tunasnya. Untuk mengenali ciri-ciri bibit kelapa sawit liar bisa anda baca dibawah ini.

Ciri-ciri bibit kelapa sawit liar : 
  • Bentuk biji/kecambah : bibit kelapa sawit liar pada umumnya memiliki tingkat ketebalan tempurung yang sangat tipis, selain itu pada permukaan tempurung selalu diselubungi dengan serabut dan kotor. Tidak hanya itu saja, panjang calon akar dan batangnya pun tidak selalu sama.
  • Bentuk bibit : Jika sudah masuk kategori bibit, maka tingkat pertumbuhan dari bibit kelapa sawit liar ini tidaklah sama, hal ini karena bibit kelapa sawit ini berasal dari indukan yang berbeda-beda.
  • Ketika sudah besar : kelapa sawit yang dihasilkan dari bibit liar pada umumnya memiliki tingkat produktivitas yang rendah. Selain itu tanaman akan tampak kurang sehat dan terlihat jelas dari bentuk daun dan batangnya.

2. Jenis bibit unggul

Ada bibit liar tentu juga ada bibit unggul. Bibibt kelapa sawit unggul adalah bibit kelapa sawit yang diperoleh dari pembibitan dan melalui proses yang cukup panjang. Bibit unggul ini sangat berkualitas dan mampu menghasilkan buah kelapa sawit yang terbaik. Bibit kelapa sawit unggul ini biasanya akan tahan terhadap hama dan penyakit. Untuk lebih jelasnya ciri-ciri bibit kelapa sawit unggul adalah sebagai berikut :

Ciri-ciri bibit kelapa sawit unggul : 
  • Pada bibit unggul bentuk calon akar bibit agak berkelir kekuning-kuningan, dan bentuk calon batang dan juga calon daun berwarna keputih-putihan.
  • Akar biasnaya lebih panjang dari batangnya.
  • Sedangkan arah tumbuh calon akar dan calon batang lebih cendrung tegak lurus dan saling berlawanan arah.
  • Untuk panjang calon akar rata-rata mencapai 3-5 cm, sedangkan panjang calon batang sekitar 2-3 cm.

3. Jenis bibit kultur jaringan

Jenis bibit kelapa sawit selanjutnya adalah bibit kelapa sawit kultur jaringan. Apa itu bibit kelapa sawit kultur jaringan? Bibit kelapa sawit kultur jaringan adalah bibit kelapa sawit yang dihasilkan dengan cara vegetatif. Kultur jaringan ini merupakan salah satu teknik memperbanyak tanaman dengan cara mengisolasi pada bagian tanaman tertentu seperti mata tunas, daun. Hasil adri bibit sawit jenis kultur jaringan ini sangat baik dan berkualitas.

Itulah 3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Harus Anda Ketahui sebelum anda memilih dan menanam kelapa sawit. Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 3 Jenis Bibit Kelapa Sawit Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment