Inilah Manfaat Kapur Dolomit Untuk Tanaman

Dasar Pertanian - Kapur dolomit adalah mineral yang mengandung unsur hara kalsium (CaO) dan juga Magnesium (MgO) dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dapat menetralkan pH tanah. Jika tanah kekurangan hara kalsium dan magnesium, maka otomatis tanaman menjadi kurang maksimal dalam berproduksi. Pemberian kapur dolomit untuk tanaman sangat membantu sekali produktivitas tanaman tersebut, dan inilah yang diharapkan oleh semua petani. Tetapi terkadang banyak diantara mereka yang tidak tahu apa fungsi dari kapur dolomit ini. Banyak diantara mereka yang mengetahui kalau kapur dolomit ini hanya untuk menetralkan pH tanah saja, padahal masih banyak lagi kegunaan dari kapur dolomit ini.

Tidak hanya itu saja ketidaktahuan mereka tentang manfaat kapur dolomit ini, bahkan ada juga mereka yang tidak tahu apa itu kapur dolomit dan fungsinya. Jika anda juga salah satu orang yang belum tahu tentang pengertian dolomit, maka anda bisa baca penjelasan tentang apa itu kapur dolomit di artikel sebelumnya yang sudah admin posting, silahkan anda baca pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Pengertian dolomit ( Defenisi dolomite )

Seperti apa yang sudah admin katakan diatas tadi bahwa dolomit ini mengadung unsur hara Ca dan Mg yang sangat berpengaruh pada kesuburan tanah dan bermanfaat bagi tanaman. Jika tanaman kekurangan dua hara tersebut akan mengakibatkan efek buruk akan terjadi pada tanaman yang sudah kita budidayakan. Dengan demikian sudah sangat jelas bahwa salah satu manfaat kapur dolomit adalah untuk menyuburkan dan mensuplai unsur hara Ca dan Mg pada tanaman. Untuk lebih jelas apa saja kegunaan pupuk dolomit bagi tanaman, silahkan anda baca penjelasannya berikut ini.

Manfaat Kapur Dolomit Untuk Tanaman

Manfaat Kapur Dolomit Untuk Tanaman

 

  1. Mengatur tingkat keasaman dan pH tanah.
  2. Mensuplai kebutuhan hara Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) pada tanaman.
  3. Dapat membantu menyeimbangkan keasaman tanah sehingga sesuai dengan pH yang dibutuhkan tanaman.
  4. Dapat menetralisir kejenuhan zat-zat yang berlebihan dan bisa meracuni tanah dan tanaman, seperti zat Al (alumunium), Fe (zat besi), Cu (Tembaga) jika berebihan tentu akan menimbulkan efek buruk bagi tanah dan tanaman.
  5. Dapat membantu mempercepat penyerapan zat-zat hara yang sudah ada didalam tanah.
  6. Membuat sturktur dan porositas tanah menjadi baik serta membantu mikrobiologi dan kimiawi tanah bekerja dengan baik sehingga tanah menjadi gembur, sirkulasi udara didalam tanah juga lancar, dengan demikian akar semai akan bebas bergerak menghisap unsur hara dari dalam tanah.
  7. Dapat membantu unsur pembentuk warna daun (Klorofil) menjadi baik, sehingga membuat hijau daun yang sempurna.

Sebenarnya masih banyak lagi Manfaat Kapur Dolomit Untuk Tanaman, namun beberapa poin diatas rasanya sudah cukup mewakili dari semua fungsi kapur dolomit untuk tanaman. Setelah kita tahu apa saja manfaat dari pupuk dolomit ini, tentunya kita juga ingin tahu bagaiaman cara menggunakan kapur dolomit untuk memupuk tanaman. Karena dosis pemberian kapur dolomit untuk tanaman juga harus diperhatikan, tidak lebih dan juga tidak kurang.
Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

0 Response to "Inilah Manfaat Kapur Dolomit Untuk Tanaman"

Post a Comment