Inilah Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Dasar Pertanian - Menanam durian bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki bibit durian. Namun yang paling penting didalam budidaya durian adalah pemilihan bibit durian yang tepat. Memilih bibit durian yang unggul memang sulit untuk kita yang masih awam dan belum paham dengan tanaman ini. Karena untuk mendapatkan durian yang berkualitas baik mesti bibit durian yang ditanam juga harus baik. Sekarang ini sudah banyak orang yang menangkarkan bibit durian dan kita bisa dengan mudah memilih sendiri bibit durian yang mereka tanam. Namun demikian tetap kita harus jeli dan waspada dalam memilih dan menentukan bibit durian sebelum membelinya.

Untuk jenis atau varietas durian sendiri sudah banyak dan beragam. Kita bisa dengan mudah memilih dan menentukan mau jenis durian apa yang akan kita tanam. Namun seperti yang admin katakan diawal paragraf tadi yaitu kita harus jeli dan waspada dalam memilih dan menentukan bibit durian sebelum membelinya. Yang paling terpenting adalah kita tahu bagaimana ciri-ciri bibit durian yang baik dan berkualitas. Dibawah ini merupakan ciri-ciri bibit durian yang baik dan berkualitas.

Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Ciri-Ciri Bibit Durian Berkualitas

  1. Bibit durian terbebas dari penyakit, hal ini akan terlihat dari fisik bibit durian, baik batang maupun daunnya.
  2. Kondisi batang serta cabang akan terlihat kuat dan kokoh, dan batang utama akan tampak lurus, tumbuh dengan tegak dan tidak melengkung. Selain itu memiliki banyak cabang disegala arah.
  3. Bibit durian sudah berumur sedikitnya 6 bulan.
  4. Tinggi penempelan adalah sekitar 10 cm dari pangkal leher batang.
  5. Bibit durian memiliki tinggi yang optimal yaitu sekitar 40-50 cm, atau disesuaikan dengan umurnya.
  6. Untuk diameter batang setidaknya mencapai 1 cm sampai dengan 1,5 cm.
  7. Memilih banyak daun, sekurang-kurangnya 8-10 helai daun.

Jadi apabila anda teliti dan hati-hati sebelum memilih dan menentukan bibit durian, maka hasilnya nanti akan baik. Mudah-mudahan artikel tentang Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas ini dapat memberikan wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Tips Ampuh Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas"

Post a Comment