Mengatasi Daun Sawit Kuning Dengan Kapur Dolomit

Dasar Pertanian - Daun kelapa sawit yang berubah warna menjadi kuning merupakan salah satu faktor penyebab produktivitas kelapa sawit menurun. Perubahan warna kuning pada daun sawit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena tanaman kekurangan unsur hara Kalsium (Ca) dan juga Magnesium (Mg). Selain itu ada juga faktor lain yang menjadi penyebab daun sawit menguning. Pada artikel sebelumnya admin sudah membahas tentang apa saja penyebab daun sawit menguning dan cara mengatasinya.


Cara menanggulangi daun sawit yang berubah kuning dapat juga dilakukan dengan kapur dolomit. Tahukah anda apa itu kapur dolomit? Dolomit adalah sejenis kapur yang didalamnya terkandung beberapa unsur hara penting seperti Ca dan Mg yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Sebagaimana adin katakan diatas tadi bahwa daun sawit menjadi kuning karena kekurangan unsur hara Ca dan juga Mg. Nah dengan memberikan kapur dolomit yang kaya akan mineral Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg) mampu memberikan kesuburan pada tanah yang membuat hijau daun sawit kembali pulih.

Mengatasi Daun Sawit Kuning Dengan Kapur Dolomit


Beberapa petani sawit telah mencoba memberikan kapur dolomit pada tanaman sawit mereka yang rata-rata daunnya berubah kuning. Setelah menambahkan kapur dolomit pada saat pemupukan, dapat membuat daun sawit yang kuning kembali berwarna hijau, subur dan hasil produksi buah sawit menjadi meningkat kembali. Namun perlu diperhatikan bahwa dosis pemberian kapur dolomit ini tidak boleh bersamaan dengan pemberian pupuk kimia. Disarankan untuk mengatur jarak pemupukan dengan penambahan kapur dolomit.

Artikel menarik lainnya : 

Mengatasi daun sawit yang kuning dengan kapur dolomit memang cukup sederhana namun dapat meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Siapa sih yang tidak mau tanaman sawitnya terlihat subur dan daunnya tampak hijau? Pastinya semua orang menginginkan tanaman sawit menjadi subur dan mampu menghasilkan buah sawit yang berkualitas. Dengan menambahkan kapur dolomit pada tanaman sawit sesuai dengan petunjuk yang benar, anda sudah melakukan cara yang tepat.

Mudah-mudahan adanya artikel singkat ini dapat menambah wawasan anda dibidang pertanian dan perkebunan sawit. Jika selama ini daun sawit anda kuning dan belum dapat solusinya, dengan adanya artikel ini anda sudah tahu bagaimana solusi mengatasi daun sawit yang kuning. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi Daun Sawit Kuning Dengan Kapur Dolomit"

Post a Comment