Pengertian Dolomit ( Defenisi Dolomite )

Dasar Pertanian - Dolomit adalah mineral yang dihasilkan dari alam dan didalamnya  mengandung unsur hara berupa Magnesium (Mg) dan Kalsium (Ca). Dolomit ini memiliki ciri-ciri bentuk seperti tepung dan berwarna putih. Dolomit ini biasnya digunakan oleh para petani sebagai pupuk yang berfungsi untuk meningkatkan kandungan hara dan menetralkan asam pada tanah. Pupuk dolomit memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mampu menetralkan pH tanah. Jika tanaman sawit anda kurang maksimal dalam memproduksi buah, serta daunnya banyak yang kuning, maka dolomit ini bisa anda gunakan untuk memperbaikinya. ( sumber : wikipedia )

Pupuk dolomi adalah pupuk yang mengandung magnesium dengan kadar yang cukup tinggi, sangat cocok digunakan pada lahan pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain sebagainya. Dengan adanya dolomit ini bisa memecahkan masalah para petani yang selama ini kurang mendapatkan hasil panen pertanian dan perkebunan mereka, terutama pada lahan sawit yang paling sering mengalami masalah. Sawit merupakan komoditas perkebunan yang memiliki jumlah produksi cukup tinggi di Indonesia. Banyak petani yang mengalihfungsikan lahan pertanian seperti sawah menjadi lahan perkebunan sawit. Hal ini karena dengan beralih fungsi ke perkebunan sawit lebih mensejahterakan mereka.
Pengertian Dolomit ( Defenisi Dolomite )
Contoh gambar kapur dolomit


Terkadang banyak para petani sawit yang terkendala dengan hasil panen yang menurun. Bagaimana tidak? Pupuk untuk kelapa sawit yang selama ini mereka gunakan sudah tidak mampu lagi mensuplai nutrisi pada lahan perkebunan sawit mereka. Makanya muncul inovasi atau bisa dikatakan solusi untuk meningkatkan produksi buah sawit, yaitu dengan menambahkan kapur dolomit pada saat memupuk sawit. Untuk dosis dan takaran dolomit yang bisa anda gunakan adalah menyesuaikan dengan pH tanah. Jadi tidak serta merta kita asal memberikan kapur dolomit pada lahan sawit tersebut, harus diperkirakan dulu kebutuhannya. Untuk mengetahui cara penggunaan kapur dolomit untuk lahan pertanian bisa anda baca pada artikel di link berikut ini.

Silahkan baca : Cara Penggunaan Kapur Dolomit Untuk Memupuk Tanaman

Itulah sedikit penjelasan tentang apa pengertian dolomit yang biasa digunakan dalam pertanian dan perkebunan. Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Dolomit ( Defenisi Dolomite )"

Post a Comment