Tips Ampuh Membuat Tanaman Cabai Berbuah Terus dan Panen Berkali-kali

Dasar Pertanian - Menanam cabai dilahan pertanian maupun di pekarangan rumah sama-sama memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil panen cabai yang melimpah. Dengan membudidayakan cabai sendiri dapat memberikan keuntungan bagi kita, selain cabai bisa dijual dan menghasilkan uang, kita tidak perlu membeli lagi cabai dipasar sebagai bumbu dapur masakan. Menanam cabai bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tahu bagiaman tehnik dasar menanam cabai dan mengetahui juga ilmu bercocok tanam cabai. Jika kita tahu dan paham tentang hal itu maka budidaya cabai yang anda lakukan pasti akan berhasil.

Ketika kita sudah menanam cabai dan sudah memasuki masa panen, tentu kita berharap kalau tanaman cabai dapat berbuah terus dan menghasilkan cabai yang unggul, banyak, dan berkualitas. Karena pada umumnya jika cabai sudah panen sampai beberapa kali, pasti hasil panen yang terakhir sudah tidak bagus. Nah anda tentu menginginkan hasil panen cabai tetap baik dan tanaman cabai tetap bisa berbuah lama hingga anda bisa panen berkali-kali bukan? Lantas apakah ada cara sederhana agar tanaman cabai dapat berbuah terus dan panen berkali-kali? Sebenarnya kita bisa mengupayakan sendiri hal itu, kunciya adalah terletak pada perawatan cabai yang kita lakukan. Jadi tips ampuh agar tanaman cabai dapat berbuah terus dan bisa panen berulang kali terletak pada bagaimana anda melakukan penyiraman terhadap tanaman cabai, pemupukan cabai, penanggulangan hama dan penyakit, pembersihan lahan cabai, dan lain sebaginya. Nah berikut ini merupakan beberapa Tips Ampuh Membuat Tanaman Cabai Berbuah Terus dan Panen Berkali-kali.

Tips Agar Tanaman Cabai Berbuah Terus dan Panen Berkali-kali

Tips Ampuh Membuat Tanaman Cabai Berbuah Terus dan Panen Berkali-kali


1. Metode penyiraman cabai harus benar

Air adalah salah satu sumber nutrisi dan kehidupan bagi tanaman, begitu juga dengan tanaman cabai. Ketika memasuki masa panen, sebisa mungkin anda kontrol dan jaga kadar air agar tanaman cabai tidak kekeringan. Menyiram tanaman cabai harus dilakukan dengan benar, terlebih lagi disaat musim kemarau. Karena pada waktu kemarau pasokan air akan berkurang, jadi alternatifnya adalah anda rutin menyiram taaman cabai. Bagaimana prosedur penyiraman tanaman cabai yang baik dan benar?
Silahkan baca : Prosedur penyiraman tanaman cabai yang baik dan benar

2. Memupuk tanaman cabai secara berkala

Pupuk adalah nutiris penting bagi tanaman cabai, jika ingin hasil panen meningkat tajam, maka pemberian pupuk harus benar dan tepat. Meskipun anda memberikan pupuk secara rutin, tapi jika pupuk yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi tanaman cabai, maka tetap saja hasilnya tidak maksimal. Ada banyak tehnik pemupukan tanaman cabai yang bisa anda lakukan agar tanaman cabai yang anda budidayakan dapat berkembang dengan baik. 

Artikel menarik lainnya :

3. Menanggulangi hama dan penyakit

Hama penyakit tanaman atau biasa disingkat dengan istilah HPT adalah masalah yang sering dihadapi para petani. Begitu juga dengan petani cabai, tidak akan terlepas dari hama dan penyakit. Untuk tetap bisa panen berkali-kali, hal yang harus kita lakukan adalah menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabai. Sebisa mungkin kita mencegah agar hama dan penyakit tidak menyerang tanaman cabai yang sudah kita budidayakan. Lalu adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar tanaman cabai tidak diserang hama penyakit? Untuk itu dasar-pertanian juga telah mengulasnya pada artikel lainnya pada link di bawah ini.
Silahkan baca : Cara ampuh mencegah hama dan penyakit pada tanaman cabai

4. Lakukan pembersihan lahan cabai

Membersihkan lahan cabai dari gulma atau rumput liar adalah hal wajib yang juga harus kita lakukan supaya tanaman cabai tetap bisa berbuah lebat dan bisa panen berkali-kali.  Usakahan disekitar tanaman cabai tidak ada gulma yang tumbuh menggangu tanaman cabai. Karena gulma yang tumbuh disekitar tanaman cabai akan mengurangi pertumbuhan cabai. Jika kita memupuk tanaman cabai, maka gulma yang akan subur. Jadi bersihkan gulma secara rutin.

Dengan melakukan beberapa tips diatas secara tepat, saya bisa jamin anda akan dapat manfaatnya, budidaya cabai yang anda lakukan akan menghasilkan cabai yang berkualitas, tanaman cabai yang anda budidayakan pasti bisa terus berbuah dan panen berkali-kali. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Ampuh Membuat Tanaman Cabai Berbuah Terus dan Panen Berkali-kali"

Post a Comment