Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning

Dasar Pertanian - Daun yang kuning pada kelapa sawit menandakan bahwa sawit tersebut kurang sehat. Karena jika kelapa sawit tersebut sehat maka pastinya akan memiliki daun yang hijau. Kebanyakan petani sawit tidak menyadari akan hal ini, sehingga semakin lama dibiarkan daun sawit menguning, maka akan berdampak pada produktivitas buah sawit yang semakin lama akan semakin menurun. Penyabab daun sawit menguning ini biasanya karena faktor penyakit dan kurangnya nutrisi pada tanaman sawit. Selain itu juga disebabkan oleh pemberian pupuk yang tidak tepat. Karena jika salah memilih pupuk untuk kelapa sawit, maka harapan kita untuk dapt meningkatkan hasil panen sawit akan hilang.

Menanam kelapa sawit memang semua orang bisa melakukannya, tapi untuk menjaga agar tanaman ini tetap sehat dan menghasilkan buah sawit yang berkualitas tidak semua orang dapat melakukannya. Rata-rata petani sawit yang masih belum paham betul dengan tumbuh kembang sawit, tehnik perawatan kelapa sawit dan lain sebagainya, akan mendapati daun kelapa sawit tiba-tiba menguning. Gejala awalnya sih tidak terlalu jelas dan sulit mengenali apakah ini suatu penyakit atau bukan. Terkadang penyebab daun sawit menguning ini bukan karena penyakit saja, tapi bisa juga karena kurangnya nutrisi atau pupuk. Lantas apa pupuk yang baik untuk kelapa sawit agar dapat menghasilkan buah sawit yang berkualitas?


Pemupukan kelapa sawit memang menjadi salah satu upaya untuk membuat tanaman sawit subur dan menghasikan buah sawit berkualitas. Tapi terkadang ada juga sawit yang sudah dipupuk tapi belum juga menghasilkan buah yang baik, terlebih lagi jika daun sawit sudah mulai menguning. Daun sawit yang menguning ini menyebabkan sawit menjadi kurang produktif. Lalu bagaimana cara mengatasi daun sawit yang menguning? Pada kesempatan kali ini dasar pertanian akan mencoba berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara mengatasi daun sawit yang menguning. Berikut penjelasan singkatnya.

Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning
Gambar daun sawit yang menguning


Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning


1. Penuhi kebutuhan hara

Untuk mengatasi daun sawit yang kuning, cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan hara pada tanah. Jika unsur hara tanah terpenuhi, maka otomatis tanaman akan subur. Salah satu cara agar unsur hara terpenuhi adalah dengan memberi pupuk. Pupuk yang baik adalah pupuk yang banyak mengandung hara. Ada banyak jenis pupuk yang baik untuk sawit.

2. Penuhi kebutuhan Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg)

Jika tanaman kurang kalsium dan magnesium, akan mengakibatkan daun bisa menjadi kuning. Untuk itu anda bisa memberikan kapur dolomit agar daun pada sawit anda menjadi hijau kembali. Untuk masalah dolomit ini admin juga sudah menjelaskannya pada artikel sebelumnya.
Silahkan baca : Apa itu dolomit?

3. Memelihara dan menjaga sawit dengan baik

Untuk memelihara dan menjaga sawit dengan baik memang harus anda lakukan dengan benar-banr baik. Karena jika tanamans awit tidak dijaga dengan baik, maka hasilnya juga tidak akan baik, salah satu contohnya adalah daun sawit dapat menguning.

Itulah beberapa Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning, mudah-mudahan informasi singkat ini bisa bermanfaat dan manambah wawasan anda semua.

0 Response to "Tips Mengatasi Daun Kelapa Sawit Yang Menguning"

Post a Comment