Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi

Dasar Pertanian - Penyakit blas atau biasanya dikenal dengan istilah patah leher pada tanaman padi merupakan salah satu masalah yang sangat merugikan para petani padi. Penyakit ini akan membuat batang padi atau tangkai padi menjadi busuk dan patah. Jika penyakit blas ini menyerang disaat padi mulai berisi, maka bisa jadi bulir padi tidak terisi. Tentu hal inilah yang menyebabkan padi tidak terisi dengan sempurna atau gabug. Cara mencegah penyakit patah leher ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yang akan admin bagikan dibawah ini.

Sebelum kita tahu bagaimana cara mencegah penyakit blas atau patah leher pada tanaman padi, terlebih dahulu perlu juga kita tahu apa sebenarnya penyebab tanaman padi mudah mengalami patah leher. Karena jika kita mengetahui faktor penyebab patah leher padi, maka akan lebih memudahkan kita untuk melakukan pencegahannya.
Silahkan baca : Penyebab Patah Leher Pada Tanaman Padi dan Solusinya

Setelah kita tahu apa hal-hal yang dapat menyebabkan padi mengalami penyakit blas atau patah leher, maka sekarang mudah untuk mengantisipasinya. Berikut ini dasar-pertanian sudah merangkumnya dalam penjelasan berikut ini.

Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi


Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi


1. Mengatur jarak tanam padi yang benar

Anda tentu sudah membaca apa salah satu penyebab tanaman padi mengalami patah leher, yaitu rapatnya jarak tanam padi. Untuk mencegah penyakit blas/patah leher sebaiknya anda menanam padi dengan sistem yang benar, atur jarak tanam yang baik, misalnya dengan menanam padi menggunakan metode tanam jajar legowo. Kenapa harus jajar legowo, karena dengan mananam padi menggunakan pola tanam jajar legowo jelas dapat meningkatkan hasil panen padi.

2. Jangan berlebihan memberikan unsur nitrogen

Terlalu berlebihan dalam memberikan unsur nitrogen pada tanaman padi, akan berakibat buruk pada tanaman padi. Misalnya anda memupuk urea dengan dosis yang berlebihan, maka ini akan membuat penyakit blas dapat tumbuh dan menjangkit tanaman padi. Berikan pupuk sewajarnya saja jangan berlebihan.
Baca juga : Jadwal pemupukan padi sawah yang baik dan benar

3. Rajin membersihkan gulma/ rumput liar

Gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman akan mengganggu pertumuhan tanaman, sama halnya dengan tanaman padi ini. Jika disekeliling tanaman padi banyak sekali gulma, tentu hal ini akan membuat pertumbuhan padi menjadi lambat. Bisa saja padi mulai mengalami bercak daun, dan jika itu dibiarkan akan menjadi penyebab penyakit blas.

4. Rajin menyemprot hama

Hama pada tanaman padi adakalanya membawa penyakit atau virus blas. Misalnya saja hama wereng yang umumnya menjadi hama penyebab gagalnya hasil panen padi. Jadi untuk mencegah penyakit blas pada tanaman padi lakukan penyemprotan hama secara berkala.

Itulah beberapa Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi, semoga dengan adanya artikel singkat ini sedikitnya dapat memberikan pemahaman bagi anda semua. Mudah-mudahan apa yang anda harapkan dari budidaya padi bisa bisa terwujud tanpa ada halangan apapun. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Blas / Patah Leher Pada Tanaman Padi"

Post a Comment