Cara Paling Ampuh Membasmi Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi Sawah

Dasar Pertanian - Padi merupakan tanaman penghasil beras dan dijadikan sebagai salah satu bahan pokok pangan di Indonesia. Budidaya padi di Indonesia terdapat di berbagai pelosok daerah, seperti jawa barat, jawa tengah, jawa timur, dan di berbagai daerah lainnya yang memiliki banyak rawa. Untuk menunjang keberhasilan dalam budidaya padi sawah diperlukan kerja keras dan perawatan intensif. Karena biasanya selalu ada faktor penghambat keberhasilan budidaya padi disawah. Salah satunya adalah organisme pengganggu tanaman ( OPT ). Dari sekian banyak organisme pengganggu tanaman ini salah satunya adalah hama keong mas. Membasmi hama keong pada tanaman padi sawah harus dengan cara yang benar.

Hama keong mas atau dalam bahasa latin disebut dengan (Pomaceae canaliculata Lamarck), atau sering juga disebut siput murbai, merupakan hama jenis siput yang suka mengganggu tanaman padi sawah. Hama keong mas ini berasal dari benua Amerika dan entah kapan masuknya ke negara Indonesia. Keong mas memiliki ciri-ciri bentuk yang menyerupai siput, dan warnanya yang menarik dan cantik membuat keong mas ini banyak dibudidayakan. Namun dikarenakan salahnya dalam penjagaan, akhirnya banyak yang lepas dan masuk pada area seperti parit, hingga muncul di persawahan. Keong mas ini sangat menyukai daun tanaman yang masih muda. Makanya tak heran kita jika pada awal menanam padi di sawah, selalu ada hama keong yang mengganggu tanaman padi.

Penyebaran keong mas ini biasanya melalui air yang mengalir, apalagi jika intensitas hujan berlebih yang mengakibatkan banjir. Banjir yang menggenangi are persawahan tentu akan menjadi sasaran bagi keong mas ini. Padi yang baru siap ditanam itulah yang paling disukai keong mas. Jika tidak segera dibasmi maka siap-siap anda gagal panen.

Untuk membasmi keong mas pada tanaman padi sawah ini sebenarnya cukup mudah, dibawah ini dasar-pertanian akan berbagi pengalaman pribadi bagaimana cara membasmi hama keong pada tanaman padi sawah. Berikut penjelasannya.

Cara Paling Ampuh Membasmi Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi Sawah


Cara Paling Ampuh Membasmi Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi Sawah


Untuk mengendalikan hama keong mas, ada baiknya kita pahami dulu bagaimana siklus hidupnya dan cara perkembangbiakan hama keong mas tersebut. Dengan memahami siklus kehidupan dan perkebangbiakan hama keong mas itu, maka kita dapat mengendalikannya dengan mudah dan tidak salah cara. Adapun cara membasmi hama keong mas yang sering kami lakukan antara lain sebagai berikut :

1. Mengambil dan mengumpukan hama keong beserta telurnya

Cara sederhana dalam membasmi hama keong mas pada tanaman padi sawah adalah dengan mengumpukan semua keong dan telurnya satu persatu. Setelah berhasil mengumpulkan keong mas dan telurnya lalu musnahkan segera, bisa dengan membenamkan pada tanah, menghancurkan dengan cara menggilasnya. Memang cara ini bisa dibilang cukup melelahkan dan membutuhkan waktu yang lama.

2. Membuat pagar plastik pada area persemaian benih

Hama keong mas sangat suka dengan daun padi yang masih muda, biasanya bibit padi yang baru disemaikan akan menjadi sasaran hama keong mas. Makanya untuk mencegah agar bibit padi tidak dimakan hama keong ini, buat pagar dari plastik dan memasangnya harus sampai dasar tanah.

3. Membuat parit dipinggir/tepi sawah

Perlu anda ketahui bahwa hama keong mas ini sangat menyukai tempat yang basah dan tergenang dair. Untuk memudahkan kita dalam membasmi hama keong sawah ini adalah dengan membuat parit dipinggir atau sekeliling area petak sawah. Tujuannya adalah agar hama keong mas berkumpul pada parit-parit yang kita buat tadi. Dengan demikian kita mudah untuk mengambilnya atau membasminya dengan pestisida.

4. Menggunakan itik/bebek

Cara ampuh membasmi hama keong mas pada tanaman padi sawah selanjutnya adalah dengan melepaskan itik/bebek pada area persawahan. Namun cara ini hanya berlaku jika tanaman padi sudah cukup umur, setidaknya sudah kuat dan memiliki banyak daun.

5. Menggunakan pestisida

Jika dengan cara-cara diatas masih belum bisa teratasi, maka langkah terakhir adalah dengan membasmi hama keong mas dengan pestisida. Namun cara membasmi hama keong dengan pestisida harus dilakukan sesuai dengan petunjuk dan anjuran yang benar.

Itulah beberapa Cara Membasmi Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi Sawah yang dapat admin bagikan. Mudah-mudahan pengalaman kami ini dapat memberikan inspirasi bagi anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Paling Ampuh Membasmi Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi Sawah"

Post a Comment