Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman

Dasar Pertanian - Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya hama? Hama adalah sejenis organisme pengganggu tanaman yang keberadaannya selalu menimbulkan kerusakan pada tanaman secara fisik. Hama ini sangat merugikan sekali bagi para petani, bagaimana tidak merugikan? Sebagai contohnya saja jika kita menanam padi, seringkali banyak hama yang mengganggu tanaman padi, seperti hama tikus, hama keong mas, hama ulat, dan lain sebagainya. Jika hama pada tanaman tidak segera di tanggulangi, akibatnya produktivitas tanaman menjadi menurun, bahkan dalam kasus yang cukup parah, tanaman bisa mati gara-gara diserang hama. Lantas bagaimana cara-cara dalam mengendalikan hama pada tanaman?

Ada beberapa tips dalam membasmi hama pada tanaman, pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan membagikan tips dan trik dalam membasi hama pada tanaman. Apa saja tips tersebut, berikut penjelasannya.

Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman
Gambar berbagai jenis hama pada tanaman padi


Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman


1. Pengendalian hama secara fisik

Cara mengendalikan hama pada tanaman yang pertama adalah dengan cara fisik, maksudnya adalah kita berusaha membasmi hama yang menjadi pengganggu tanaman dengan cara mengurangi populasi dari hama tersebut. Misalnya dengan memberikan hawa panas pada lokasi tanaman, tujuannya adalah agar hama tersebut merasa tidak nyaman berada pada lokasi tanaman, tapi cara ini harus berada pada lokasi yang tertutup, jadi mungkin sedikit membutuhkan ruang dan tempat khusus. Atau bisa juga dengan memasang lampu pada lahan atau tempat tanaman, tujuannya adalah supaya dapat memonitoring keadaan hama dan serangga, dengan demikian akan sedikit mengurangi populasi dari hama tersebut. Ada juga cara yang bisa dibilang cukup mudah dan simpel, yaitu dengan memberikan tutup atau penghalang seperti kelambu, plastik, dan alat lainnya yang tujuannya untuk melindungi tanaman dari serangan hama.

2. Pengendalian hama secara mekanik

Selain dengan cara fisik, menanggulangi hama bisa juga denga cara mekanik. Adapun tujuan dari pengendalian hama secara mekanik adalah untuk mengurangi serangan hama pada tanaman. Sebenarnya tujuannya hampir sama dengan cara diatas. Namun cara mekanik ini bisa dibuat dengan mudah, seperti memasang orang-orangan sawah pada tanaman padi, memasang perangkap seperti lem, jaring, dan lain sebagainya, atau dengan cara berburu hama pada saat malam hari, seperti pada tanaman buah-buahan yang diserang kelelawar atau kalong.

3. Pengendalian hama secara biologi


Pengendalian dengan cara biologi ini dilakukan dengan memanfaatkan musuh sebagai penurun populasi hama. Jadi cara pengendalian ini tidak perlu menggunakan campur tangan Kita sebagai manusia, tetapi murni di lakukan oleh alam. Apa contohnya? Contohnya adalah parasite. Parasite ini mempunyai kelangsungan hidup yang sangat baik, sehingga populasinya bisa bertahan walaupun populasinya rendah. Contoh lainnya seperti predator dan patogen. Jika predator, dapat melindungi tanaman karenakan mereka selalu memangsa serangga yang akan merusak tanaman yang kita budidayakan. Sedangkan patogen, ia adalah penyakit yang akan menyerang dan membasmi serangga perusak tanaman.

Itulah beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman, sebenarnya masih banyak lagi cara-cara dalam membasmi hama pada tanaman, dan masing-masing tanaman tentunya memiliki perbedaan tersendiri dalam pembasmian hama, tergantung pada jenis hama yang menyerang.

0 Response to "Inilah Beberapa Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman "

Post a Comment