Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh

Dasar Pertanian - Hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti oleh para petani padi. Karena akibat dari serangan hama wereng tersebut, bisa membuat tanaman oadi yang susah payah dibudidayakan menjadi rusak dan tidak produktif. Hama wereng akan menyerang tanaman padi dan membuat tanaman padi berubah menjadi kering, dan mati. Cara membasmi hama wereng dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan bagikan tips membasmi hama wereng yang terbukti ampuh.

Hama wereng ini sendiri memiliki banyak jenis, di antaranya wereng hijau (Nephotettix virescens), wereng loreng (Recilia dorsalis), dan wereng coklat (nilaparvata lugens). Semua jenis hama wereng tersebut sama-sama merugikan tanaman padi. Apabila tidak segera dibasmi, maka akan berdampak buruk pada tanaman padi. Namun cara yang paling mudah dalam mengendalikan hama wereng adalah mencegahnya sebelum hama wereng muncul dan menyerang tanaman padi. Jadi rutin lakukan pencegahan supaya hama wereng tidak mengganggu tanaman padi. Jika tanaman padi sudah terlanjur diserang hama wereng, maka segera lakukan pembasmian.

Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi
Gambar hama wereng pada tanaman padi

Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh


1. Membasmi hama wereng dengan pestisida

Cara membasmi hama wereng yang palin gumum digunakan para petani adalah dengan pestisida. Jenis pestisida yang dapat digunakan untuk membasmi hama wereng sudah banyak dijual ditoko pertanian. Jadi anda bisa memilih dan menentukan sendiri jenis pestisidanya. Penjual biasanya sudah tahu apa jenis pestisida yang cocok untuk membasmi hama wereng padi.

2. Membasmi hama wereng dengan pestisida alami

Cara membasmi hama wereng selanjutnya adalah dengan pestisida alami, maksudnya adalah kita membuat sendiri bahan alami untuk membasmi hama wereng. Jika anda tidak ingin menggunakan pestisida kimiawi, maka cara ini bisa anda coba. Cara membuat pestisida alami ini cukup mudah dan simpel, kita hanya membutuhkan beberapa bahan alami seperti biji mahoni dan biji sirsak atau daun sirsaknya juga bisa, dan bahan lainnya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  • Daun sirsak, rimpang jeringau, dan juga bawang putih ditumbuk hingga halus.
  • Kemudian jika bahan diatas sudah halus lalu dicampur dengan sabun colek. 
  • Setelah tercampur rata, lalu rendam campuran tersebut dalam air 20 liter selama dua hari. 
  • Setelah dua hari, selanjutnya larutan tersebut disaring dengan kain halus dan siap untuk diaplikasikan. 
  • Cara penggunaannya yakni setiap 1 liter air saringan diencerkan lagi dengan 15 liter air, lalu disemprotkan secara merata pada bagian bawah tanaman padi yang terserang hama wereng.

Itulah beberapa Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh, mudah-mudahan informasi singkat dari dasar-pertanian ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Terbukti Ampuh"

Post a Comment