Inilah Tanaman Yang Cocok Di Budidayakan Di Lahan Gambut

Dasar Pertanian - Lahan gambut akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan dikalangan pecinta lingkungan. Pasalnya sekarang ini sering terjadi penyalahagunaan fungsi lahan gambut yang proses pengolahannya tidak mematuhi peraturan pemerintah. Misalnya yang sering terjadi pada tiap tahun yaitu musibah kabut asap yang diakibatkan pembakaran lahan gambut yang salah. Memang tujuan mereka mengolah lahan gambut untuk lahan pertanian tidak salah, tetapi salahnya adalah proses yang mereka gunakan salah, serta kurangnya pemahaman mereka tentang lahan gambut yang cocok di gunakan sebagai lahan pertanian. Selain itu mereka juga tidak tahu apa saja tanaman yang cocok dibudidayakan dilahan gambut.

Untuk mengenali tanaman yang bagus di tanaman dilahan gambut memang membutuhkan pengetahuan dan ilmu yang cukup. Karena jika kia tidak paham apa saja jenis tanaman yang cocok ditanam dilahan gambut, maka ujung-ujungnya hasil akhir dari budidaya tanaman diahan gambut menjadi gagal. Selain itu kita bisa saja merusak ekosistem gambut yang selama ini terjaga.

Sebenarnya ada beberapa jenis tanaman yang sangat cocok dann bagus di tanam di lahan gambut, seperti sawit dan akasia. Kenapa harus tanaman sawit dan akasia yang bagus dan cocok dibudidayakan pada lahan gambut? Berikut ini dasar-pertanian akan mengulasnya secara singkat.

Tanaman Yang Cocok Di Budidayakan Di Lahan Gambut
Sawit adalah salah satu contoh tanaman yang cocok ditanam dilahan gambut

Tanaman Yang Cocok Di Budidayakan Di Lahan Gambut


Tanaman sawit memiliki kemampuan untuk menyerap karbon CO2, sehingga jika tanaman ini dibudidayakan pada lahan gambut, maka ekosistem lingkungan dan kelestarian alam tetap terjaga. Untuk menanam sawit dilahan gambut diperlukan beberapa tips agar nantinya dalam budidaya sawit pada lahan gambut bisa berhasil.
Silahkan baca juga : Tips Menanam Sawit Dilahan Gambut Agar Berhasil

Selain sawit, akasia juga menjadi salah satu tanaman yang cocok dibudidayakan dilahan gambut. Makanya banyak pohon akasia sekarang yang didbudiayakan dilahan gambut dan rata-rata kelestarian alam tetap terjaga dengan baik.

Penggunaan lahan gambut menjadi lahan pertanian juga harus tepat benar, maksudnya adalah cara pengolahan lahan gambut menjadi lahan pertanian harus benar-benar memperhatikan nilai keamanan dan kenyaman bagi semua mahkluk hidup. Jika kita benar dalam mengloha lahan gambut menjadi lahan pertanian, maka tanaman yang kita budidayakan juga akan berkembang dengan baik.

Mudah-mudahan sedikit informasi tentang apa saja Tanaman Yang cocok Di Budidayakan Di Lahan Gambut ini bisa menambah wawasan anda. Sekali lagi sebenarnya masih banyak jenis tanaman yang cocok dan bagus dibudidayakan dilahan gambut, namun kelapa sawit dan akasia adalah tanaman yang direkomendasikan jika ingin menanam tanaman pada lahan gambut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Tanaman Yang Cocok Di Budidayakan Di Lahan Gambut"

Post a Comment