Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Dasar Pertanian - Hama wereng adalah hama penghisap cairan pada tanaman seperti padi yang tergolong anggota ordo Hemiptera (kepik sejati), subordo Fulgoromorpha, yang memiliki ukuran kecil. Wereng ini sangat merugikan sekali karena akan menghisap cairan nutrisi pada tanaman padi. Jika tanaman padi sudah terserang hama wereng, maka akan sulit untuk ditanggulangi. Penyebaran hama wereng ini sangat cepat dan berjumlah cukup banyak. Jenis-jenis hama wereng ini juga sangat banyak dan beragam, mulai dari Wereng coklat (Nilaparvata lugens), Wereng hijau (Nephotettix spp.), Wereng punggung putih (Sogatella furcifera), dan ada juga wereng loreng atau wereng zigzag.

Hama wereng ini sangat banyak dijumpai pada tanaman padi, biasanya padi yang sudah mulai berisi yang akan menjadi sasaran hama wereng ini. Hama ini hinggap pada batang hingga daun padi dan menyebabkan tanaman padi menjadi tidak produktif. Sudah banyak kasus yang terjadi tanaman padi gagal panen gara-gara hama wereng. Membasmi hama wereng adalah salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan jika ingin tanaman padi tetap bisa menghasilkan panen. Tetapi karena sulitnya mengendalikan hama wereng pada tanaman padi ini, membuat petani mulai putus asa dan menyerah. lantas bagaimana cara ampuh membasi hama wereng pada tanaman padi?
Baca juga : Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Yang Terbukti Ampuh

Untuk mengenal jenis-jenis hama wereng yang biasa menyerang tanaman padi, pada kesempatan kali ini dasar-pertanian.blogspot.com akan berbagi sedikit informasi tersebut. Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua.

Jenis-Jenis Hama Wereng


Hama wereng biasanya memiliki banyak jenis dan spesies masing-masing. Meskipun masih satu anggota namun ciri-ciri hama wereng selalu berbeda-beda satu sama lainnya. Nah berikut ini adalah beberapa jenis hama wereng yang sering kita jumpai pada tanaman, khususnya pada tanaman padi.

1. Wereng coklat (Nilaparvata lugens)

Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

 

Wereng coklat ini merupakan salah satu hama wereng yang suka merusak tanaman padi baik langsung maupun tidak langsung. Kemampuan hama ini dalam menghisap cairan tanaman akan membuat daun tanaman menjadi kuning, kering, dan parahnya lagi tanaman bisa mati, atau dikenal dengan gejala hopperburn. Hama wereng batang coklat ini juga salah satu hama yang sangat sulit dikendalikan apalagi jumlah populasinya sangat banyak. Tanaman padi adalah tanaman yang paling disukai hama ini.

2. Wereng hijau (Nephotettix spp.)

Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

 

Wereng hijau ini adalah hama utama tanaman padi yang selalu menjadi faktor penyebab gagalnya pertanian padi. Hama wereng hijau ini akan menyebarkan virus tungro, yang mana visus ini menyebabkan penyakit pada tanaman padi yaitu Rice tungro bacilliform badnavirus (RTBV) dan Rice tungro spherical badnavirus (RTSV). Akibat dari penyakit tungro yang menyebar pada tanaman padi, akibatnya produktivitas padi menjadi turun dan menyebabkan gagal panen.

3. Wereng punggung putih (Sogatella furcifera)

Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

 

Hama wereng punggung putih ini adalah salah satu jenis hama wereng yang memiliki tubuh lebih kecil dari pada bulir padi,meskipun bentuknya kecil namun dapat menyebabkan tanaman mati. Hama ini sering mengisap batang padi, jagung, maupun rumput-rumputanlainnya. Penyebaran hama ini juga tidak kalah dengan jenis wereng lainnya.

4. Wereng loreng atau wereng zigzag

Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi

 

Hama wereng orang atau zigzag ini juga salah dari sekian banyak jenis hama wereng yang juga menjadi penyebab gagalnya pertanian padi. Hama ini disebut wereng zigzag karena pada bagian sayapnya seperti ada bentuk zigzag. Hama wereng zigzag ini memiliki panjang sekitar 3,5 - 4 mm.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Hama Wereng yang sering mengganggu tanaman padi. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Hama Wereng Pada Tanaman Padi"

Post a Comment