Cara Budidaya Durian Musang King Agar Berhasil

Dasar Pertanian - Cara budidaya durian musang king sebenarnya sangatlah mudah dan tidak sulit seperti yang kita bayangkan. Durian musang king merupakan durian yang berkualitas unggul dan banyak di minati oleh banyak kalangan. Nama latin durian musang king adalah Durio sp, yang mana negara asal durian musang king ini adalah Malaysia dan kini sudah menyebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Durian musang king ini memiliki ciri khas rasanya yang manis, daging buahnya juga sangat tebal dengan tekstur yang sangat lembut. Warna daging buahnya kekuningan seperti kunyit. 

Durian Musang king ini sendiri dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut dan suhu panas 30-35c. Pertumbuhan yang cukup baik adalah daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi dengan tekstur tanah yang subur dan gembur, dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1 meter. Durian ini dapat mulai berproduksi dalam masa 3-5 tahun. Untuk menanam durian musang king diperlukan beberapa tips sederhana, yang nanti akan admin berikan pada inti artikel ini.

Cara Budidaya Durian Musang King Agar Berhasil
Contoh gambar bibit durian musang king


Cara Menanam Durian Musang King Agar Berhasil


1. Menyiapkan bibit

Sebelum anda menanam durian musang king, terlebih dahulu tentu bibit nya harus ada. Pilihlah bibit durian musang king dengan benar-benar teliti. Memilih bibit durian musang king harus teliti agar nantinya kita tidak kecewa dengan hasil buah durian ini.

2. Menyiapkan lahan

Setelah memiliki bibit durian musang king yang siap tanam, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Bersihkan lahan dari rumput liar atau gulma, sehingga bibit yang baru ditanam dapat tumbuh maksimal serta mendapat sinar matahari secara penuh.

3. Membuat lubang tanam

Setelah itu anda buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm jika bibit durian memiliki ketinggian 1 meter. Jika bibit lebih dari 1 meter atau kurang, anda bisa sesuaikan sendiri ukurannya. Setelah selesai membuat lubang tanam, terlebih dahulu diamkan selama 2 sampai 3 hari agar lubang tanam terhindar dari bakteri.

4. Memberikan pupuk dasar

Sebelum anda menanam bibit durian, anda bisa juga memberikan pupuk dasar terlebih dahulu pada lubang tanam, pupuk dasar yang bagus untuk menanam durian ini bisa bermacam-macam, kalau saya lebih senang menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya. Jika anda menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, sebaiknya pilih yang sudah jadi atau kering, kemudian anda diamkan sekitar 1-2 hari sebelum ditanam.

5. Menanam bibit

Setelah lubang tanam diberi pupuk dasar dan sudah di diamkan sekitar 2-3 hari, barulah anda tanamkan bibit durian musang king pada lubang tanam. Cara menanam bibit durian musang king tidak ada bedanya dengan menanam bibit lain, jika bibit berasal dari polybag, maka buka plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya pecah atau hancur, lalu buang plastik polybag agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Setelah menempatkan posisi yang pas, lalu timbun dengan tanah bercampur pupuk kandang yang sudah diaduk-aduk. Akan lebih baik jika permukaan tanah diberi jerami padi agar kandungan kompos semakin bagus.

6. Merawat tanaman

Langkah terakhir adalah merawat bibit durian musang king yang baru ditanam dengan rajin menyiram dan memupuknya. Pupuklah dengan pupuk organik setiap bulan untuk mempercepat pertumbuhan.

Itulah beberapa Cara Menanam Durian Musang King Agar Berhasil yang dapat admin bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

0 Response to "Cara Budidaya Durian Musang King Agar Berhasil"

Post a Comment