Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok

Dasar Pertanian - Cara mengatasi dan mencegah agar buah matoa tidak mudah rontok adalah suatu hal yang mudah jika kita tahu caranya. Memang untuk mengatasi buah matoa yang sudah rontok adalah hal yang sulit, tetapi yang harus dilakukan adalah bagaimana cara agar hal itu jangan sampai terjadi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pencegahan agar buah matoa tidak sampai rontok. Mengenali terlebih dahulu apa penyebab rontoknya buah matoa adalah hal yang tepat. Karena jika kita sudah tahu apa faktor penyebab buah matoa rontok, maka untuk mencegahnya akan lebih mudah.

Buah matoa adalah buah yang berasal dari daerah papua atau bisa di katakan buah khas papua. Sekarang ini sudah banyak jenis dan varietas buah matoa yang ada di Indonesia. Sebelum berkembang menjadi banyak, dulunya hanya sedikit saja orang yang memiliki tanaman khas papua ini. Seiring berkembangnya waktu, sekarang sudah banyak daerah yang membudidayakan buah matoa ini. Jika anda juga ingin membudidayakan buah matoa, maka perlu beberapa tips yang harus dilakukan. Apa saja tips dalam berbudidaya buah matoa agar sukses?
Silahkan baca di : Tips Budidaya Buah Matoa Agar Berhasil

Melanjutkan postingan sebelumnya yakni tentang faktor penyebab buah matoa mudah rontok, maka berikut ini akan admin update pula bagaimana cara mengatasi dan mencegah agar buah matoa tidak mudah rontok. Untuk itu silahkan baca dan coba tips dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok


Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok


Untuk menghindari atau lebih tepatnya mencegah agar buah matoa tidak mudah rontok, diperlukan beberapa tips dan cara berikut ini.

1. Suplai dengan pupuk berkualitas

Untuk mencegah rontoknya buah matoa, diperlukan pupuk yang bagus dan berkualitas. Pupuk adalah nutrisi bagi tanaman. Ada juga jenis pupuk yang bisa menguatkan buah dan menjadikan buah tahan terhadap segala bentuk ancaman baik iklim dan cuaca, penyakit, dan sebagainya. Jika dalam masa berbunga tanaman matoa diberikan pupuk, setidaknya hal ini dapat mencegah rontoknya bunga dan dapat menjadi buah hingga matang.

2. Rajin menyiram

Menyiram tanaman tidak hanya dilakukan pada saat memulai menanam saja, tanaman seperti buah matoa yang sudah besar dan tinggi pun juga membutuhkan air. Terlebih jika musim kemarau telah tiba, maka intensitas penyiraman harus ditingkatkan, minimalnya dua kali sehari pada musim kemarau.

3. Basmi hama dan penyakit

Sebagaimana postingan sebelumnya yang sudah admin bahas bahwa salah satu penyebab buah matoa sering rontok adalah karena gangguan organisme seperti hama maupun penyakit. Jadi ketika buah matoa mulai berbunga, anda harus rajin menyemprot dan membasi hama penyakit. Karena biasanya pada saat tanaman memasuki masa generatif, akan banyak gangguan berupa hama dan penyakit.

Itulah beberapa Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok, mudah-mudahan dengan adanya informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua. Silahkan anda lakukan cara diatas dan tetaplah optimis kalau buah matoa yang anda tanam dapat menghasilkan buah yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi dan Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Mudah Rontok"

Post a Comment