Inilah Penyebab Kelengkeng Tidak Mau Berbuah

Dasar Pertanian - Penyebab kelengkeng tidak mau berbuah sangat banyak sekali yang mempengaruhinya. Budidaya kelengkeng memang bisa menjanjikan kita keuntungan jika berhasil. Tapi sayangnya tidak banyak orang yang bisa memperoleh hasil maksimal dari budidaya kelengkeng. Ada yang sudah menanam kelengkeng puluhan tahun tapi belum juga mendapatkan hasil. Lantas apa sebenarnya faktor penyebab kelengkeng sulit berbuah? Jika anda selama ini juga mencari informasi tersebut, maka disini dasar-pertanian akan membahasnya secara singkat.

Kelengkeng memiliki banyak jenis dan varietas yang berbeda-beda, bahkan sekarang telah bermunculan verietas baru kelengkeng yang sangat berkualitas, dagingnya tebal dan bijinya kecil. Ada yang namanya kelengkeng itoh, kelengkeng rasa durian, dan lain-lain. Semua jenis dan verietas kelengkeng dapat dibudidayakan secara mudah dan semua orang dapat melakukannya. Tapi sering kita jumpai pohon lengkeng yang sudah lama tapi belum juga berbuah, jadi apa penyebab kelengkeng tidak mau berbuah? Berikut penjelasannya.

Penyebab Kelengkeng Tidak Mau Berbuah

Penyebab Kelengkeng Tidak Mau Berbuah


1. Faktor bibit
Bibit kelengkeng sangat menentukan hasil dari budidaya tersebut, jadi berhasil tidaknya usaha kita menanam kelengkeng tergantung pada pemilihan bibit kelengkeng. Jika selama ini pohon kelengkeng yang sudah anda tanam tapi belum juga berbuah, bisa jadi bibitya tidak bagus. Solusinya adalah tanam bibit kelengkeng yang benar-benar bagus dan berkualitas.

2. Faktor alam
Selain faktor bibit, alam juga sangat mempengaruhi tanaman kelengkeng mau berbuah atau tidak. Makanya jika ingin menanam kelengkeng sebaiknya baca dulu syarat tumbuh kelengkeng, jadi dengan demikian anda tahu kondisi iklim yang cocok untuk tanaman kelengkeng.

3. Faktor hama penyakit
Penyebab kelengkeng tidak mau berbuah selanjutnya adalah karena faktor hama dan penyakit. Hama dan penyakit merupakan kendala bagi tanaman yang dapat merusak ekosistem dan produktivitas tanaman.

4. Tidak pernah dilakukan pemangkasan
Pemangkasan ranting dan cabang pada tanaman kelengkeng sangat penting, hal ini bertujuan untuk menumbuhkan cabang-cabang atau ranting yang baru, sehingga dengan banyaknya cabang dan ranting akan mempercepat proses pembuahan atau bunga akan cepat muncul.

Itulah beberapa Penyebab Kelengkeng Tidak Mau Berbuah yang biasa sering terjadi, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Penyebab Kelengkeng Tidak Mau Berbuah"

Post a Comment