Menanam Padi Dengan Mesin Modern Sangat Menguntungkan Petani

Dasar Pertanian - Budidaya padi merupakan salah satu komoditas pangan nomor satu di Indonesia yang kini telah memunculkan inovasi-inovasi baru. Teknologi pertanian sudah menerapkan cara baru dan mudah dalam menanam padi. Sebenarnya menanam padi dengan menggunakan mesin penanam padi sudah lama berkembang dan kini sudah banyak digunakan oleh para petani padi. Metode menanam padi bisa dilakukan dengan cara manual dan cara mesin. Jika sebelumnya petani padi menanam padi disawah menggunakan cara manual, yaitu dengan menanam sendiri menggunakan tangan, maka akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tidak hanya itu saja, biaya yang dikeluarkan juga akan banyak, tertama jika menanam padi menggunakan jasa buruh, tentu kita harus merogoh uang yang cukup banyak untuk mengupahkannya.

Berbeda dengan menanam padi dengan menggunakan mesin penanam padi modern, petani akan di mudahkan, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan untuk menyewa mesin penanam padi tidak semahal kita mengerjakan buruh. Selain itu dari segi waktu dan tenaga juga akan lebih hemat, bahkan untuk menanam padi seluas 1 hekar saja tidak sampai 1 hari sudah siap. Berbeda jika menanam menggunakan jasa buruh, akan membutuhkan waktu yang lama dan biayanya juga akan lebih besar.

Berikut ini merupakan gambar-gambar proses penanam padi menggunakan mesin penanam padi yang baru-baru ini dilakukan di daerah Rokan Hulu, tepatnya di Desa Rambah Baru.

Menanam padi dengan sistem mesin
Proses penanaman padi menggunakan mesin ( Gambar oleh Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )

Menanam padi dengan mesin penanam padi modern

Menanam padi dengan mesin penanam padi modern
Benih-benih padi siap ditanam menggunakan mesin penanam padi


Demikian sedikit informasi dan gambar-gambar penanaman padi menggunakan mesin penanam padi modern. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menanam Padi Dengan Mesin Modern Sangat Menguntungkan Petani"

Post a Comment