Tips Ampuh Agar Kelengkeng Cepat Berbuah Diluar Musim

Dasar Pertanian - Cara membuat pohon kelengkeng dapat berbuah cepat adalah hal yang mudah untuk dilakukan jika kita tahu rahasianya. Apalagi jika kelengkeng yang kita tanam berbuah terus meskipun diluar musim. Siapa yang tidak ingin tanaman kelengkeng yang sudah di budidayakan dapat berbuah terus menerus dan memiliki buah yang lebat. Pasti anda semua juga menginginkannya bukan? Jika anda mau kelengkeng dapat berbuah diluar musim, maka anda harus tahu rahasianya, dan kali dasar-pertanian akan bagikan rahasia agar kelengkeng bisa berbuah lebat diluar musim.

Kelengkeng ini merupakan salah satu tanaman buah yang banyak diminati oleh semua orang karena memiliki rasa yang khas, manis dan kenyal. Buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan ini dapat dibudayakan dengan cara stek, cangkok, maupun menanam dari biji secara langsung. Untuk jenis-jenis kelengkeng juga sudah banyak varietasnya. Kita bisa memilih dan menentukan sendiri jenis kelengkeng apa yang akan kita budidayakan. Salah satu varietas kelengkeng yang menarik bagi saya adalah kelengkeng itoh super. Kelengkeng itoh merupakan salah satu varietas kelengkeng yang sangat berkualitas dan cukup populer sekarang ini. Bagaimana cara membudidayakan kelengkeng itoh ini?
Silahkan baca : Tips Budidaya Kelengkeng Itoh Super Agar Berhasil

Didalam budiaya kelengkeng, tujuan kita pastinya adalah ingin buah kelengkeng bisa berbuah dengan cepat dan singkat. Selain itu buah kelengkeng juga bisa terus berbuah meskipun diluar musim kelengkeng. Lalu apakah bisa buah kelengkeng berbuah cepat dan bisa berbuah diluar musim? Jawabannya adalah bisa, lalu bagaimana cara membuat kelengkeng agar bisa berbuah lebat diluar musim? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Ampuh Agar Kelengkeng Cepat Berbuah Diluar Musim
Gambar kelengkeng rasa durian yang sudah mulai berbuah ( Foto Original dasar-pertanian )


Tips Ampuh Agar Kelengkeng Cepat Berbuah Diluar Musim


Adapun tips agar kelengkeng dapat berbuah diluar musim adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut ini. Berikut ini adalah beberapa langkah membuahkan kelengkeng agar bisa berbuah meskipun diluar musim. Silakan simak caraya dibawah ini.

Tips Melakukan Pembuahan Kelengkang :

  1. Silahkan anda pilih pohon kelengkeng yang pertumbuhannya sudah cukup baik dan juga tanaman harus terkena sinar matahari secara cukup.
  2. Tidak hanya itu saja, tapi pilih juga pohon yang pucuk daunnya sudah tua ( bukan sedang keluar daun muda ya).
  3. Langkah selanjutnya siapkan peralatan yg diperlukan seperti : Bor listrik/bor tangan, cangkul, ember, dan suntikan.
  4. Lalu siapkan juga nutrisi hormon khusus untuk klengkeng ( nah disini kita gunakan produk nongfeng), adapun satu set isi 3 botol terdiri dari Nongfeng buah, nongfeng klengkeng dan Aaplus.
  5. Adapun pembuahan ini dilakukan dengan melalui infus/suntik pada batang atau akar tanaman kelengkeng : Caranya sebagai berikut :
  • Satu paket pupuk nongfeng yang berisi 3 botol dicampur hingga merata.
  • Silahkan anda buat lubang pada batang akar atau pada batang pohon kelengkeng, caranya dengan mengebor dengan alat bor yang sudah disiapkan sebelumnya. Adapun diameter bor adalah 10 mm, dengan kedalaman lubang bor sekitar 6 cm. Jika pohon kelengkeng sudah berumur 9 tahun, maka bisa dibuat sekitar 10 lubang, dan apabila pohon kelengkeng sudah berumur 30 tahun dapat dilubang sekitar 15 lubang.
  • Setelah selesai dilubang, silahkan ambil nutrisi hormon pupuk nongfeng yang sudah dicampur, kemudian suntikkan di setiap lubang yang dibor tadi sebanyak 10 cc perlubang.
  • Setelah lubang diisi dengan nutrisi hormon tadi, segera ditutup dan dengan demikian maka proses pembungaan selesai.
  • Dalam waktu kurang lebih 35 hari, kelengkeng akan berbunga dan lakukan perawatan.
  • Selama kelengkeng berbunga, sebaiknya di sekitar pohon diberi pupuk ( bisa pupuk kandang, pupuk NPK, kno3. Jika musim kemarau lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tidak kekeringan dan proses pembuahan tetap berjalan dengan lancar.
  • Setelah buah sebesar kelereng, lakukan pembrongsongan atau bungkus buah dengan jaring khusus agar tidak diganggu oleh binatang, seperti kelelawar.
Itulah beberapa Tips Agar Kelengkeng Cepat Berbuah Diluar Musim, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda semua.

0 Response to "Tips Ampuh Agar Kelengkeng Cepat Berbuah Diluar Musim"

Post a Comment