Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Petani Sebelum Membajak Sawah

Dasar Pertanian - Membajak sawah adalah sebuah kegiatan rutin petani yang akan memulai menanam padi sebagai salah satu syarat guna mempermudah proses penanaman padi. Jika sawah ditanam tanpa dilakukan pembajakan terlebih dahulu maka akan sulit untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Pengertian membajak sawah ini adalah membolak-balaikkan tanah menggunakan mesin bajak maupun dengan cara tradisional seperti menggunakan sapi maupun kerbau. Dengan membalikan tanah berarti tanah akan menjadi gembur dan gulma yang tumbuh dapat tertanam dalam tanah sehingga menjadi busuk. Rumput liar atau gulma yang dibalikkan tersebut justru dapat menjadi penambah unsur organik dalam tanah.

Sudah menjadi hal yang biasa petani padi selalu membajak sawah-sawah mereka sebelum memulai menanam padi. Rata-rata petani padi memulai membajak sawah setelah sumber air terpenuhi. Jika menggunakan sumber irigasi tentunya air irigasi harus sudah hidup. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai proses pembajakan sawah ini. Meskipun kelihatannya sepele namun ini berdampak baik pada proses pembajakan nantinya. Apa saja hal-hal yang biasa dilakukan petani sebelum membajak sawah? Berikut penjelasan singkatnya.

Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Petani Sebelum Membajak Sawah
Gambar sawah sedang dibajak ( Foto Original dasar-pertanian by : Wahyu Hendro Wibowo )


Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Petani Sebelum Membajak Sawah


1. Mengairi lahan sawah

Sebelum memuali membajak sawah sebaiknya lahan sawah diairi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membuat sawah menjadi lunak dan mudah dibajak. Karena biasanya pasca panen padi, lahan sawah akan kering dan kadar air berkurang, jadi dengan mengaliri air kelahan sawah akan memudahkan proses pembajakan.


2. Menyemprot lahan sawah

Sebelum memulai membajak sawah, ada baiknya lahan sawah disemprot terlebih dahulu. Penyemprotan ini bertujuan untuk membasmi gulma atau rumput liar yang dapat tumbuh di area sawah. Dengan disemprot terlebih dahulu akan membuat rumput tersebut mati dan cepat membusuk jika dibajak.


3. Memperbaiki pematang/gelengan sawah

Selain itu sebelum membajak sawah, sebaiknya perbaiki pematang sawah atau galengan terlebih dahulu supaya nantinya mudah dan tidak ada pematang sawah yang bocor. Apa arti galengan sawah? Galengan sawah atau pematang sawah atau bisa juga dikatakan tanggul sawah adalah gundukan tanah yang ada diarea sawah sebagai batas diantara petakan sawah dan juga menjadi tempat pijakan atau jalan kecil guna mempermudah petani dalam mengurus sawah.

Itulah Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Petani Sebelum Membajak Sawah, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa memberikan tambahan ilmu dan wawasan anda semua.

0 Response to "Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Petani Sebelum Membajak Sawah"

Post a Comment