Cara Ampuh Merangsang Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat

Dasar Pertanian - Melakukan rangsangan pada tanaman cabai adalah upaya yang dilakukan untuk mengoptimalan hasil panen cabai dengan cara mempercepat pembuahan dari kondisi normal. Selain itu merangsang pembuahan cabai ini juga bertujuan untuk memperoleh hasil maksimal pada tanaman cabai, sehingga buah cabai akan lebat dan membuat keuntungan berlipat ganda. Cara ampuh merangsang pembuahan cabai seberanya cukup mudah untuk di lakukan, asalkan kita tahu tehnik dan caranya. Nah pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba berbagi pengalaman tentang bagaimana cara merangsang buah cabai agar berbuah lebat dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam usaha merangsang pembuahan cabai, sebenarnya kuncinya adalah ada pada fase pemupukan tanaman cabai itu sendiri. Karena pada fase pemupukan, otomatis tanaman cabai akan mendapatkan banyak sekali kandungan unsur hara. Namun terkadang kita sebagai petani lupa dan tidak memperhatikan apa saja kandungan pada pupuk yang kita gunakan, atau kita tidak tahu dosis pemupukan cabai yang tepat. Jika demikian maka tidak mustahil kalau budidaya cabai yang selama ini kita lakukan selalu gagal, padahal kita rajin memberikan pupuk.
Baca juga : Inilah Dosis Pemupukan Cabai Sistem Kocor

Cara merangsang pembuahan cabai yang paling tepat adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini, sehingga dengan anda menerapkan tehnik perangsangan tanaman cabai yang admin bagikan ini dapat membuat hasil panen cabai anda melimpah.

Cara Ampuh Merangsang Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat
Gambar Tanaman Cabai Berbuah Lebat ( Foto Original by : Wahyu Hendro Wibowo ( admin dasar-pertanian )


Cara Ampuh Merangsang Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat


Seperti yang admin katakan tadi bahwa kunci dari tehnik merangsang tanaman cabai agar cepat berbuah lebat adalah terletak pada fase pemupukan. Jadi sebaiknya anda lakukan hal dibawah ini :

1. Sebaiknya kurangi pupuk yang mengandung unsur Nitrogen (N) pada masa berbunga

Tanaman cabai akan mulai belajar berbunga biasanya pada usia 5-6 minggu pasca tanam, jadi pada masa itu sebaiknya anda mulai kurangi asupan pupuk berkadar Nitrogen (N) secara bertahap. Kenapa demikian, karena unsur Nitrogen hanya membuat tanaman rajin berdaun, malah jika tanaman cabai hanya berkembang daunnya saja, maka malas untuk berbuah. Lantas apa yang harus kita lakukan? Lanjut pada point berikut nya

2. Sebaiknya perbanyak pupuk yang mengandung Fosfor (P)

Kalau tadi kita kurangi unsur Nitrogen (N) maka sekarang anda bisa mulai memacu dengan menambahkan unsur Fosfor (P). Kenapa harus fosfor yang harus diperbanyak? Karena fosfor merupakan asupan penting untuk memacu pembuahan pada cabai.

3. Perbanyak juga dengan Potassium/Kalium (K)

Selain fosfor ada juga unsur yang harus diperbanyak pada tanaman cabai, yaitu potassium atau biasa dikenal dengan Kalium (K). Pada fase berbunga bisa anda perbanyak pupuk yang mengadung Kalium ini.

4. Tambahkan hormon ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh )

Untuk lebih memacu tanaman cabai agar cepat berbuah lebat, anda juga bisa menambahkan hormon ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh ) yang bisa anda beli di toko pertanian terdekat.

Itulah beberapa Cara Ampuh Merangsang Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat memberikan inspirasi dan menambah ilmu serta wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Merangsang Cabai Agar Cepat Berbuah Lebat"

Post a Comment