Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman

Dasar Pertanian - Memupuk tanaman adalah usaha yang dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal dalam budidaya tanaman. Pupuk adalah nutrisi atau makanan bagi tumbuhan, jadi pemberiannya wajib dilakukan rutin dan berkala. Tanaman yang selalu diberi pupuk secara rutin dan terjadwal akan jauh berbeda bila dibandigkan tanaman yang jarang dipupuk atau bahkan sama sekali tidak tersentuh pupuk. Manfaat pupuk bagi tanaman ini setidaknya mampu memberikan daya dongkrak hasil panen. Namun dosis pemberian pupuk pada tanaman juga harus diperhatikan, jangan asal memupuk tanpa ada takaran yang tepat.

Sebelum memberikan pupuk pada tanaman, ada beberapa hal yang wajib kita pahami dan ketahui agar tidak salah dan justru malah membuat tanaman mati. Salah dalam memberikan pupuk akan berdampak buruk bagi tanaman yang kita budidakan. Banyak kerugian yang akan kita dapatkan bila salah dalam memupuk tanaman.
Silahkan baca : Inilah yang Terjadi Jika Salah Memberikan Pupuk Bagi Tanaman

Sebelum hal buruk terjadi pada tanaman yang sudah kita tanam karena ketidaktahuan kita dalam memberikan pupuk, maka sebaiknya anda perlu baca beberapa hal berikut ini. Mudah-mudahan dengan informasi sederhana ini yang memang kelihatanya sepele bisa mencegah anda agar tidak salah dalam memupuk tanaman.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman


Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman


1. Perhatikan dan pahami fase pertumbuhan tanaman dengan dosis pupuk

Sebelum memberikan pupuk bagi tanaman sebaiknya anda memahami fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Maksudya adalah begini, misalnya untuk unsur hara makro, unsur hara ini memang dibutuhkan tanaman untuk sepanjang hidupnya. Akan tetapi memberikan unsur nitrogen yang terus-menerus pada fase pertumbuhan vegetatif akan menyebabkan tanaman terlambat atau tidak mau memasuki fase generatif. Lalu apa yang akan terjadi? Akibatnya, tanaman akan rimbun dan sangat subur, tetapi meskipun rimbun dan subur tanaman tidak berbunga atau berbuah. Kenapa bisa demikian? Hal ini karena pada fase perubahan generatif, unsur hara yang dibutuhkan tanaman adalah fosfor. Makanya berikan puppuk yang banyak mengandung fosfor agar dapat merangsang buah.

2. Lakukan pemupukan tanaman secara tepat dan benar

Selain itu anda juga harus memupuk tanaman dengan tepat dan benar, artinya dosis atau takaran pupuk harus sesuai dengan umur dan kebutuhan tanaman. cara memupuknya juga harus benar jangan asal-asalan. Misalnya pupuk yang difungsikan untuk akar harus dibenamkan pada area akar. Jarak pemupukan dan kedalaman lubang juga harus diperhatikan. Untuk tanaman yang masih mudah misalnya, memupuk dengan pupuk kimia harus hati-hati jangan sampai mengenai batang atau tangkainya karena bisa jadi tanaman mati. Jadi meskipun kelihatnnya sepele, namun memahami tata cara pemupukan tanaman adalah penting.
Baca juga : Mengenal Metode Pemupukan Tanaman

3. Harus tahu kapan waktu pemupukan tanaman

Sebelum memupuk tanaman, anda juga diwajibkan tahu kapan waktu yang pas dan tepat memberikan pupuk pada tanaman. Waktu pemupukan yang disarankan adalah pagi jam 10 dan sore jam 3. Kenapa harus pada jam 10 pagi dan jam 3 sore? Karena pada jam tersebut intensitas terik matahari tidak terlau panas.

Itulah beberapa Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman, jika hal tersebut anda terapkan maka saja berani jamin tanaman yang anda budidayakan akan menghasilkan panen maksimal. Namun tidak cukup dengan proses pemupukan saja, keberhasilan budidaya tanaman juga menyangkut perawatan dan pemeliharaan tanaman yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memupuk Tanaman"

Post a Comment