Inilah Cara Mudah Membuat Nutrisi Perangsang Buah

Dasar Pertanian - Budidaya tanaman buah memang bisa menjanjikan kita peluang untuk berhasil jika diterapkan dengan cara yang benar. Pasalnya kebutuhan buah-buahan masyarakat semakin meningkat. Disamping itu kebutuhan buah-buahan ini juga sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin maka setidaknya kita bisa menjaga tubuh tetap sehat. Tapi untuk mendapatkan tubuh agar tetap sehat tentu buah yang kita makan juga harus sehat. Salah satu cara mendapatkan buah yang sehat dan segar adalah dengan membudidayakan sendiri. Budidaya buah-buahan menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat sekarang ini. Tapi dari sekian banyak orang yang menanam tanaman buah, ada sebagian orang yang gagal dan tidak pernah mendapati pohon buah mereka berbuah. Apa mungkin itu terjadi karena mereka tidak memakai nutrisi perangsang buah?

Nutrisi perangsang buah atau bisa dikatakan pupuk perangsang buah menjadi alternatif bagi petani yang ingin tanaman buah mereka cepat berbuah dan besar-besar. Apa itu pupuk perangsang buah? Pupuk perangsang buah merupakan nutrisi tambahan yang digunakan untuk mensuplai dan merangsang tanaman agar cepat berbunga dan berbuah dari kondisi normal. Ada juga pohon yang jarang sekali berbuah, setelah diberi nutrisi perangsang buah menjadi cepat berbuah. Wah segitu hebatnya ya ada pupuk yang bisa merangsang pembuahan dan kira-kira dimana bisa kita dapatkan? Mungkin itu pertanyaan yang selama ini anda tanyakan. Sebenarnya sekarng ini sudah banyak dijual nutrisi perangsang buah di toko pertanian dengan berbagai jenis dan merek. Tapi alangkah baiknya jika kita bisa membuat sendiri nutrisi perangsang buah tersebut.

Cara membuat nutrisi perangsang buah bisa dikatakan cukup mudah, tapi jika hal itu anda tahu bahan dan cara membuatnya. Dari mana kita dapatkan cara mudah membuat sendiri pupuk perangsang buah yang nanti bisa digunakan untuk memacu tanaman berbunga sehingga cepat berbuah lebat? Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan berbagi tips sederhana membuat nutrisi perangsang buah dari bahan-bahan yang ada disekitar kita. Berikut ini tutorial lengkap membuat nutrisi perangsang buah sendiri dirumah.

Cara Mudah Membuat Nutrisi Perangsang Buah
Gambar pembuatan nutrisi perangsang buah


Cara Mudah Membuat Nutrisi Perangsang Buah


Sebelum kita memulai membuat nutrisi perangsang buah, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan atau bisa dikatakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk perangsang buah ini. Apa saja bahan-bahan tersebut?

Bahan-bahan :

  • 4 butir telur ayam ( hanya kuningnya saja yang diambil )
  • 1 kaleng susu putih kental manis
  • 1 sdm madu murni
  • 1 liter air fermentasi ( bisa air tape, nira dan sebaginya )
  • 5 liter air bersih ( air sumur )

Cara membuatnya :

  • Kocok terlebih dahulu kunig telur hingga halus dan berbusa ( jika ada gunakan mixer ).
  • Tambahkan madu dan susu lalu kocok lagi sampai tercampur rata.
  • Terakhir masukkan air sumur dan juga air fermentasi yang sudah disiapkan sebelumnya, aduk hingga tercampur rata.

Setelah semua bahan tercampur rata berarti nutrisi perangsang buah sudah siap kita buat. Kita bisa menyemprotkannya pada tanaman buah yang ingin kita percepat pembuahannya. Tapi sebaiknya nutrisi ini tidak untuk tanaman sayuran, karena sayuran hanya kita ambil daunnya saja sehingga tidak cocok bila kita gunakan nurisi ini. Untuk dosis pemberiannya adalah 1 gelas ( 200-220 ml ) untuk 14 liter air.

Demikianlan informasi tentang Cara Mudah Membuat Nutrisi Perangsang Buah, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Cara Mudah Membuat Nutrisi Perangsang Buah"

Post a Comment