Inilah Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Sudah Jadi dan Bisa Digunakan

Dasar Pertanian - Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk yang biasa digunakan petani untuk memberikan asupan nutrisi bagi tanaman mereka. Pupuk kompos dibuat dengan menggunakan atau memanfaatkan sisa-sisa bahan organik, sisa makanan, tumbuhan yang membusuk, sekam padi, atau bisa juga dibuat dengan bahan bekas. Sejatinya pembuatan pupuk kompos ini merupakan proses penguraian secara organik dengan bantuan organisme. Membuat pupuk kompos ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa ciri pupuk kompos bisa dikatakan sudah jadi atau siap digunakan.

Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian mencoba memberikan sedikit informasi tentang apa ciri-ciri pupuk kompos sudah jadi dan siap digunakan. Sehingga dengan kita mengetahui tanda-tanda bahwa pupuk kompos yang kita buat sudah jadi, bisa mempercepat penggunaan atau pemupukan sedini mungkin. Kalau kita tidak tahu bagaimana ciri dan bentuk dari pupuk kompos yang sudah jadi, maka sulit untuk membedakannya. Baiklah berikut ini merupakan ciri-ciri pupuk kompos sudah jadi dan siap di aplikasikan.


Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Sudah Jadi dan Bisa Digunakan

Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Sudah Jadi dan Bisa Digunakan


1. Warnanya

Salah satu tanda bahwa pupuk kompos yang kita buat telah jadi dan siap digunakan akan terlihat dari warnanya. Warna dari pupuk kompos yang sudah jadi dan siap di aplikasikan biasanya coklat agak kehitaman. Jika kompos yang anda buat sudah berwarna coklat kehitaman berarti pupuk kompos yang anda buat sudah jadi.

2. Bau/aromanya

Ciri-ciri pupuk kompos yang sudah jadi selanjutnya bisa kita tandai dengan bau atau aromanya. Adapun bau/aroma pupuk kompos yang sudah jadi adalah menyengat dan mengeluarkan aroma seperti tanah atau bau humus hutan.

3. Teksturnya

Ciri-ciri pupuk kompos yang sudah jadi apabila dipegang atau dikepal akan menggumpal. Silahkan anda coba kepal-kepal pupuk kompos yang anda buat, jika menggumpal berarti sudah jadi. Selain itu jika gumpalan tadi anda tekan maka akan hancur dengan mudah. Artinya tekstur dari pupuk kompos yang sudah jadi adalah lembut.

Itulah beberapa Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Sudah Jadi dan Bisa Digunakan, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu serta wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Ciri-Ciri Pupuk Kompos Yang Sudah Jadi dan Bisa Digunakan"

Post a Comment