Inilah Jenis-Jenis Pupuk Untuk Tanaman Padi Yang Biasa Digunakan Petani

Dasar Pertanian - Pupuk merupakan nutrisi bagi tanaman dan fungsinya sangat penting untuk meningkatkan hasil panen tanaman tersebut. Setiap budidaya tanaman yang kita lakukan, sudah pasti membutuhkan pupuk sebagai penunjang keberhasilan dalam budidaya tersebut. Kecuali jika kondisi tanah yang kita gunakan masuk kategori tanah yang suur sehingga tanpa pemberian pupuk sekalipun tetap dapat berkembang dengan baik. Sebenarnya pemberian pupuk pada tanaman tidak sebatas hanya untuk menyuburkan tanah saja, tetapi manfaat pemberian pupuk pada tanaman juga untuk meningkatkan hasil panen tanaman. Sama halnya dengan tanaman padi, juga memerlukan pupuk untuk dapat tumbuh dan berkembang. Adapun jenis pupuk yang digunakan pada tanaman padi bermacam-macam.

Jenis-jenis pupuk untuk tanaman padi ini sangat banyak, mulai dari pupuk UREA, NPK, SP-36, kCL dan lain sebagainya. Pada postingan kali ini dasar-pertanian akan berbagi sedikit informasi tentang jenis-jenis pupuk padi yang biasa digunakan para petani. Dengan mengetahui apa saja macam-macam pupuk padi yang biasa digunakan petani, maka diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua tentang berbagai macam jenis pupuk padi tersebut. Berikut ini beberapa jenis pupuk yang biasa digunakan oleh para petani padi yang berhasil admin rangkum.

Jenis-Jenis Pupuk Untuk Tanaman Padi Yang Biasa Digunakan Petani


1. Pupuk UREA

Pupuk Urea

 

Pupuk Urea adalah pupuk yang kimia yang mengandung unsur Nitorgen (N) dengan kadar yang  cukup tinggi. Unsur Nitrogen ini sendiri merupakan zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Penggunaan pupuk Urea pada tanaman padi sudah menjadi hal yang wajar dan banyak para petai yang menggunakanannya. Lantas sebesar apakah kandungan dalam pupuk Urea sehingga sangat bermanfaat sekali bagi tanaman padi?
Silahkan baca : Kandungan Pupuk Urea dan Manfaatnya Bagi Tanaman

2. Pupuk SP-36

pupuk SP-36

 

Pupuk SP-36 juga merupakan jenis pupuk tanaman padi yang banyak juga digunakan para petani. Adapun pemberian pupuk SP-36 pada tanaman padi ini bertujuan untuk memberikan dan memenuhi kebutuhan unsur hara Fosfat (P). Fungsi dari unsur hara Fosfat pada tanaman adalah untuk memacu dan mempercepat pertumbuhan akar sehingga dengan terbentuknya sistem perakaran yang baik dan cepat, akan memberikan kekuatan pada tanaman tersebut.

3. Pupuk KCL

Jenis pupuk untuk tanaman padi yang banyak digunakan petani selanjutnya adalah pupuk KCL. Pupuk KCL adalah pupuk yang memiliki unsur hara Kalium (K) dan berfungsi untuk memperlancar proses fotosintesa tanaman tersebut. Selain itu pemberian pupuk KCL pada tanaman padi juga berfungsi untuk memperkuat tanaman dari serangan hama penyakit.

4. Pupuk ZA

Jenis pupuk untuk tanaman padi yang juga banyak digunakan petani adalah pupuk ZA. Pupuk ZA ini merupakan pupuk yang memiliki unsur hara Nitrogen(N) dan Belerang (S). Manfaat pupuk ZA pada tanaman adalah untuk membantu memberikan butir hijau sehingga daun akan lebih hijau. Selain itu pupuk ZA ini bermanfaat untuk menambah kandungan protein dan vitami bagi tanaman padi.

Itulah Jenis-Jenis Pupuk Untuk Tanaman Padi Yang Biasa Digunakan Petani, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda semua tentang jenis pupuk tanaman padi.

0 Response to "Inilah Jenis-Jenis Pupuk Untuk Tanaman Padi Yang Biasa Digunakan Petani"

Post a Comment