Inilah Manfaat Dari Pematang Sawah atau Galengan Sawah

Dasar Pertanian - Pematang sawah atau galengan sawah adalah gundukan tanah yang berfungsi sebagai pembatas petak sawah dan juga galengan sawah ini berguna untuk jalan alternatif bagi petani untuk mengurus sawah mereka. Kaena jika tidak ada pematang sawah atau galegan sawah ini akan repot jika ingin memupuk padi atau menyemprot padi. Bagitu banyaknya kegunaan dari pematang sawah ini sehingga membuat admin dasar pertanian mencoba menulisnya dalam artikel ini. Mungkin ini terlihat sepele sekali, masa iya hanya pematang sawah atau biasa disebut petani sebagai galengan ini sampai ditulis dalam sebuat website. Ya memang begitulah, blog ini akan menyajikan bermacam-macam artikel mulai dari yang penting sampai yang sepele seperti ini, yang terpenting adalah anda membaca dan menjadi pembaca setia dasar-pertanian ini.

Kembali lagi pada topik kali ini yaitu masalah apa manfaat dari pematang sawah atau galengan sawah. Kalau kita berbicara masalah manfaat dari galengan sawah ini memang sangat banyak sekali, lantas apa saja sih manfaatnya? Berikut penjelasan singkatnya.

Manfaat Dari Pematang Sawah atau Galengan Sawah

Manfaat Dari Pematang Sawah atau Galengan Sawah


1. Sebagai pembatas petak sawah

Manfaat dari pemang sawah atau galenga sawah yaitu sebagai pembatas antara petak sawah yang satu dengan petak sawah yang lainnya. Jika tidak ada pematang atau galengan sawah, maka sawah akan terhampar luas dan sulit untuk menguurusnya. Pemupuk padi akan terasa sulit jika tidak ada petak sawah. Sementara petak sawah terbentuk dari pematang atau galengan sawah. Jika tidak ada batas antara petak sawah maka bisa jadi lupa mana padi yang sudah dipupuk dan mana yang belum dipupuk.

2. Sebagai jalan kecil pada area sawah

Manfaat lain dari pembuatan pematang sawah atau galengan sawah ini adalah sebagai jalan pada lahan sawah. Bayangkan saja jika tidak ada jalan pada area sawah, bagaimana petani mau merawat padi-padi mereka. Tidak mungkin mereka masuk dalam sawah, bagaimana jika mau membawa pupuk yang banyak, tentu harus pakai gerobak, dan gerobak bisa jalan di area sawah tentu harus ada jalannya.

3. Sebagai penahan air sawah

Manfaat lain dari pematang sawah atau galengan ini adalah sebagai penahan air sawah, maksudnya adalah pada area sawah yang miring, maka pematang ini adalah sebagai tanggulnya. Jika tidak ada pematang atau galengannya, maka sawah tidak akan bisa ditanami padi. Air akan mengalir deras ketempat yang rendah, tapi karena ada galengannya maka kemiringan sawah bisa diatasi.

Mungkin itulah beberapa Manfaat Dari Pematang Sawah atau Galengan Sawah yang dapat admin bagikan, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua dan menjadi manfaat.

0 Response to "Inilah Manfaat Dari Pematang Sawah atau Galengan Sawah"

Post a Comment