Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman

Dasar Pertanian - Pupuk kompos merupakan pupuk yang dibuat dengan menguraikan sisa-sisa tanaman maupun hewan yang dibantu oleh organisme hidup. Manfaat pupuk kompos bagi tanaman sangat bagus dan berpengaruh pada kesuburan tanah. Apakah anda tahu tentang pengertian pupuk kompos? Pada postingan sebelumnya admin sudah membahas tentang pengertian dari pupuk kompos. Jika anda tidak tahu apa defenisi dari pupuk kompos maka silahkan anda baca pada artikel yang ada di link berikut ini.
Baca : Pengertian Pupuk Kompos

Pembuatan kompos ini berlangsung lama, tapi bisa juga di percepat. Kalau pengomposan terjadi secara alamiah itu yang berlangsung cukup lama. Makanya sekarang ada metode yang bisa mempercepat pembuatan pupuk kompos. Sebenarnya bahan utama pembuatan pupuk kompos ini bisa bermacam-macam, mulai dari bahan organik sampai anorganik. Kalau pupuk yang dibuat dengan bahan dasar organik bisa berupa sisa-sisa rumput, jerami padi, sekam padi dan sebagainya. Sedangkan pupuk kompos dengan bahan anorganik bisa berupa plastik, gabus/sterofoam, dan sebagainya.

Oke kembali lagi pada topik kali ini yaitu manfaat pupuk kompos bagi tanaman. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan kegunaan pupuk kompos bagi tanaman.

Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman

Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman


1. Dapat meningkatkan kesuburan tanah

Salah satu manfaat dari pupuk kompos adalah dapat meningkatkan kesuburan tanah. Jika tanah subur, maka jelas tanaman yang kita budidayakan juga akan subur. Dengan demikian pertumbuhan tanaman menjadi normal dan cepat. Selain itu dengan memupuk tanaman dengan pupuk kompos dapat membuat tanaman cepat berbuah.

2. Dapat meningkatkan penyerapan air tanah

Manfaat pupuk kompos selanjutnya adalah dapat meningkatkan penyerapan air tanah dengan baik. Jika penyerapan air tanah bagus, otomatis kesuburan tanah juga baik. Jika penyerapan tanah kurang bagus, maka tanah sudah pasti keras dan menyebabkan tanaman menjadi tidak maksimal.

3. Dapat meningkatkan hasil panen

Manfaat pupuk kompos juga bisa meningkatkan hasil panen tanaman. Hal ini karena kandungan unsur hara yang ada pada pupuk kompos dapat memberikan kesuburan pada tanaman.

4. Dapat menambah hormon dan vitamin pada tanaman

Manfaat pupuk kompos bagi tanaman juga bisa menambah unsur hormon dan vitamin pada tanaman tersebut.

5. Dapat mencegah penyakit pada tanaman

Selain itu manfaat pupuk kompos juga bisa mencegah penyakit pada tanaman. Tanaman yang subur sudah jelas sehat dan terhindar dari penyakit. Dengan memupuk dengan pupuk kompos, kita dapat menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman.

Itulah beberapa Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman"

Post a Comment