Tips Memelihara Tanaman Pada Musim Kemarau ( Cuaca Panas )

Dasar pertanian - Pada musim kemarau udara pasti akan panas. Semua tanaman akan layu dan kering jika tidak dirawat dengan baik. Cara merawat tanaman yang baik dan benar pada musim kemarau adalah dengan melakukan apa saja yang dianggap penting bagi tanaman tersebut. Seperti melakukan penyiraman dengan teratur, memberikan nutrisi bagi tanaman dan lain sebagainya. Dengan rajin merawat tanaman secara baik dan benar maka meskipun tiba musim kemarau dan cuaca panas, tanaman tetap sehat dan tidak layu

Memelihara tanaman pada musim panas sangat penting sekali. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kita lakukan pada tanaman jika tiba musim kemarau.

Tips Memelihara Tanaman Pada Musim Kemarau ( Cuaca Panas )
Gambar tempat penyimpanan air untuk menyiram tanaman ( Foto by Wahyu Hendro W- admin dasar-pertanian )



Tips Memelihara Tanaman Pada Musim Kemarau ( Cuaca Panas )


1. Meningkatkan volume penyiraman

Jika musim kemarau telah tiba maka volume penyiraman tanaman harus ditingkatkan lagi. Tetapi yang harus di ingat adalah jangan menyiram pada waktu siang hari pas matahari sedang terik. Karena jika kita tetap menyiram tanaman pada siang hari ketika cuaca panas bisa membuat tanaman layu dan mati


2. Mensuplai kebutuhan nutrisi

Selain melakukan penyiraman secara teratur dengan meningkatkan volume penyiraman, kita juga harus mensuplai kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Cuaca yang panas akan membuat tanaman mudah terserang penyakit, tapi jika kebutuhan nutrisi terpenuhi maka tanaman tidak akan mudah diserang penyakit.


3. Memindahkan posisi tanaman pada tempat yang teduh

Jika tanaman ada didalam pot atau polybag, anda bisa memindahkannya pada tempat yang teduh, tepatnya pada siang hari ketika cuaca panas. Penyinaran matahari bisa anda lakukan beberapa jam saja.

Itulah beberapa Tips Memelihara Tanaman Pada Musim Kemarau ( Cuaca Panas ), dengan rajin merawat tanaman pada saat kemarau maka tanaman akan tetap sehat. Semoga tips sederhana dan singkat ini bermanfaat.

0 Response to "Tips Memelihara Tanaman Pada Musim Kemarau ( Cuaca Panas )"

Post a Comment