Cara Ampuh Mencegah Agar Pentil Buah Mangga Tidak Rontok

Dasar Pertanian - Tahukah anda apa itu pentil buah mangga? Ini bukan jorok ya..maksudnya pentil buah mangga adalah buah mangga yang masih kecil dan baru berbuah. Biasanya pohon mangga akan berbuah dalam jumlah yang banyak. Tetapi hal itu jika bunga mangga tidak rontok, kebanyakan orang mendapati bunga mangga yang sering rontok sebelum menjadi pentil. lantas jika hal itu sering terjadi bagaimana cara mengatasi bunga mangga yang sering rontok? Pada postingan sebelumnya admin telah membahas secara detail bagaimana tips ampuh mengatasi dan mencegah agar bunga mangga tidak mudah rontok, jadi bagi anda yang pernah mengalami hal ini silahkan anda pelajari penjelasannya pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Cara Ampuh Mengatasi Rontok Bunga Pada Tanaman Mangga

Nah setelah bunga mangga anda terbebas dari kerontokan, maka biasanya bunga mangga akan berubah menjadi pentil mangga. Lantas setelah bunga mangga tikak rontok, apakah itu sudah menjadi jaminan kalau mangga tidak akan rontok? Jawabannya adalah belum, karena justru pada fase pentil ini, adalah masa dimana rentan mangga akan mengalami kerontokan. Pada saat buah mangga sudah mulai pentil, ada banyak faktor yang menyebabkan pentil mangga ini rontok. Diantara banyak faktor yang menyebabkan pentil buah mangga sering rontok adalah faktor musim. Karena faktor musim ini sangat mempengaruhi rontok tidaknya pentil buah mangga. Lebih jelas apa sebenarnya penyebab pentil buah mangga sering kali rontok bisa anda pelajari pada artikel yang sudah amin siapkan pada link dibawah ini.
Baca : Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok

 
Cara Ampuh Mencegah Agar Pentil Buah Mangga Tidak Rontok
Gambar pentil buah mangga yang sebagian mulai rontok ( Foto by : Wahyu Hendro W / admin dasar-pertanian )

Cara Ampuh Mencegah Agar Pentil Buah Mangga Tidak Rontok


Sudah admin katakan diatas bahwa faktor yang menyebabkan pentil buah mangga sering rontok adalah pengaruh musim. Jika musim penghujan, yang menjadi penyebab rontoknya pentil buah mangga adalah cendawan Colletotrichum sp. Cendawan inilah yang menjadi penyebab penyakit antranoksa. Cendawan ini awalnya akan merusak bunga dan malai, sehingga kalaupun bunga sudah menjadi pentil buah, tidak lama akan rontok dan gugur. Adapun cara mengatasinya adalah dengan menyemprotkan fungisida yang berbahan aktif mankozeb, lalu tembaga oksida 56%, propineb 70%, atau bisa juga klorotalonil 75% dengan dosis harus sesuai dengan anjuran yang ada pada kemasan.Biasanya fungisida ini ada dijual di toko pertanian. Sedangkan frekuensi penyemprotan bisa anda ;lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Akan lebih baik jika penyemprotan dilakukan ketika mulai terbentuknya bunga hingga menjadi pentil buah.

Sedangkan pada musim kemarau, tentu saja intensitas matahari akan lebih meningkat, suhu udara disekitar tanaman mangga juga akan naik. Dengan intensitas udara yang panas, maka pohon akan berusaha mengurangi penguapan dengan cara membentuk lapisan absisi, nah dengan demikian tentu akan memicu rontoknya bunga maupun pentil buah mangga. Cara mencegah pentil buah mangga agar tidak rontok yaitu dengan melakukan penyiraman tanaman dengan intensitas penyiraman yang banyak agar tanah menjadi basah.

Itulah beberapa Cara Mencegah Agar Pentil Buah Mangga Tidak Rontok, mudah-mudahan informasi singkat ini dapat memberikan wawasan dan menambah ilmu pengetahuan anda tentang cara antisipasi dan mencegah pentil buah mangga supaya tidak rontok. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mencegah Agar Pentil Buah Mangga Tidak Rontok"

Post a Comment