Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok

Dasar Pertanian - Selamat datang di situs pertanian yang sederhana ini, mudah-mudahan dengan mengunjungi blog dasar-pertanian ini anda mendapatkan banyak ilmu tentang pertanian, budidaya tanaman dan informasi seputar dunia pertanian lainnya. Jika sebelumnya admin sudah membahas tentang cara mencegah agar pentil buah mangga tidak mudah rontok, maka sekarang admin akan bahas jjuga apa faktor penyebab petil buah mangga sering rontok dan memicu gagalnya budidaya mangga. Siapa sih yang tidak suka dengan buah mangga? Anda semua rata-rata pasti sangat menyukai buah yang kaya akan serat ini. Namun untuk memiliki pohon mangga yang dapat berbuah secara rutin sangatlah sulit.

Ada banyak faktor penyebab gagalnya budidaya mangga ini, salah satunya adalah pentil buah mangga yang sering rontok dan belum sampai besar sudah habis. Dulu admin juga sering mengalami hal ini dan setelah dicari apa penyebab rontok pentil buah mangga ini, sekarng sudah bisa mengantisipasinya. Setidaknya kita melakukan cara pencegahan agar pentil buah mangga tidak mudah rontok.
Baca juga : Rahasia Ampuh Agar Buah Mangga Berbuah Lebat

Seperti yang sudah admin katakan diatas tadi bahwa pada postingan kali ini akan kita cari tahu apa sebenarnya faktor penyebab pentil buah mangga sering rontok. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya, setidaknya kita dapat mencegah sedini mungkin. Berikut penjelasan singkatnya.

Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok
Gambar pentil buah mangga yang mulai rontok ( Foto by Wahyu Hendro W - admin dasar-pertanian )


Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok


1. Faktor musim

Sebenarnya yang menyebabkan pentil buah mangga kita sering rontok adalah karena faktor musim. Musim penghujan adalah masa dimana tanaman mendapatkan pasokan air berlebih. Ada sisi baik dan buruknya dari musim penghujan ini. Kalau untuk tanaman sejenis buah mangga, musim penghujan dengan intensitas tinggi adalah penyebab rontoknya bunga maupun pentil buah mangga. Lho kok bisa begitu? Musim hujan akan mendatangkan cendawan Colletotrichum sp yang mana cendawan ini merupakan penyebab penyakit antranoksa pada tanaman mangga.

Sedangkan pada saat tiba musim kemarau atau musim panas, maka pentil buah mangga juga akan mudah rontok, hal ini karena pada saat suhu udara panas, maka pohon berusaha mengurangi penguapan dengan cara membentuk lapisan absisi, sehingga memicu rontoknya pentil buah mangga. 

2. Faktor hama

Selain pengaruh cuaca, hama juga menjadi faktor penyebab rontoknya pentil buah mangga. Hama ini juga merupakan pemicu utama rontoknya bunga maupun pentil buah mangga. Hama yang sering menghisap airan pada bunga dan pentil buah mangga adalah walang sangit, lalat buah, kepik daun, dan lain sebagainya.

3. Faktor penyakit

Penyebab pentil buah mangga sering rontok juga bisa karena penyakit yang menjangkit tanaman tersebut. Penyakit ada tanaman mangga ini juga dapat dipengaruhi oleh hama dan fantor cuaca. Jadi sebaiknya anda rawat tanaman mangga dengan baik.

Itulah beberapa hal yang menjadi Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok, mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda semua.

1 Response to "Faktor Penyebab Pentil Buah Mangga Sering Rontok"