Inilah Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong

Dasar Pertanian - Cara mengendalikan hama pada tanaman terong sebenarnya cukup mudah, tapi jika anda tahu cara dan tehniknya. Jika tidak maka mengatasi hama tanaman terong akan terlihat sulit, lebih lagi jika hama yang menyerang tanaman adalah hama yang sulit di kendalikan, seperti jenis hama ulat dan hama kutu. Untuk mengendalikan hama pada tanaman terong dibutuhkan sedikit pemahaman tentang morfologi atau jenis-jenis hama tersebut. Intinya kita tahu apa saja jenis hama yang sering menyerang tanaman terong. Nah melanjutkan postingan sebelumnya yang suda admin tulis yaitu berkaitan tentang jenis-jenis hama tanaman terong, maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas pula bagaimana cara mengendalikannya.

Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong


1. Ulat grayak

Untuk mengendalikan hama ulat grayak pada tanaman terong dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Dengan melakukan rotasi tanaman. Rotasi tanaman adalah menanam tanaman secara bergilir di satu lahan dengan jenis tanaman berbeda. Manfaat dari rotasi tanaman adalah dapat meminimlisir gangguan ulat grayak.
  • Membersihakn lahan dari gulam/rumput liar. Gulma atau rumput liar adalah salah satu faktor penyebab munculnya hama sejenis ulat grayak, maka dari itu usahakan lokasi lahan terong bersih dari gulma.
  • Semprotkan insektisida. Jenis insektisida yang bagus untuk mengendalikan hama ulat grayak sangat banyak, salah satunya adalah curacron.

Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong

2. Ulat tanah

Untuk emngendalikan hama ulat tanah sebenarnya hampir sama dengan ulat grayak, anda bisa melakukan rotasi tanaman, membersihakn gulma pada sekeliling tanaman, menyemprotkan insektisida dan mengambil secara manual hama ulat tanah dan memusnahkannya.

3. Ulat penggerek batang

Untuk mengendalikan hama ulat penggerek batang pada tanaman terong bisa dilakukan dengan cara berikut ini :
  • Lakukan sanitasi lahan/ membersihkan lahan
  • Lakukan penyemprotan insektisida yang berbahan aktif metomil dan dicampur dengan insektisida yang berbahan aktif profenofos

4. Kutu daun

Untuk mengendalikan hama kutu daun juga hampir sama dengan cara diatas, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :
  • Lakukan rotasi tanaman
  • Menyemprotkan insektisida jenis akarisida, seperti curacron, alfamex, bamex, maupun demolish.
  • Bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar yang mengganggu tanaman.

5. Kutu kebul

Begitu juga dengan hama kutu kebul, sama halnya dengan kita melakukan penanganan pada kutu daun.

Itulah beberapa Cara Mengendalikan Hama Tanaman Terong yang dapat admi bagikan pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response to "Inilah Cara Ampuh Mengendalikan Hama Tanaman Terong"

Post a Comment